Artikel

Kenapa Bunda Perlu Pertimbangkan Merayakan Hari Ulang Tahun Anak?

Post pada 16 Nov 2023

Perlukah ulang tahun anak dirayakan? Ini pasti menjadi pertanyaan semua bunda. Jawabannya pasti tidak seragam. Ada yang pro karena perayaan ulang tahun adalah momen berbagi kebahagiaan, rasa syukur, dan keceriaan Bersama teman-teman sebaya.

Sebagian yang lain punya pendapat yang berbeda. Bisa karena faktor biaya dimana merayakan ulang tahun anak mesti menyiapkan anggaran tertentu. Bisa juga karena nilai-nilai yang dianut keluarga tidak memandang ulang tahun sebagai hari spesial.

BACA JUGA: Ajak Anak Berwisata Kuliner Bukan Sekadar Makan-makan

Terlepas perbedaan pendapat, sebenarnya sah-sah saja bunda merayakan ulang tahun anak. Tetap ada sejumlah benefit positif dan psikologis yang bukan hanya bagi anak tapi juga bunda.

Ternyata, merayakan ulang tahun anak bukan hanya sebatas ingin atau tidaknya orang tua, namun banyak manfaat positifnya bagi psikologis anak bahkan orang tua itu sendiri. Biar lebih komprehensif, berikut rangkuman sejumlah manfaat merayakan hari ultah anak.

Si kecil merasa disayang

Anak akan merasa disayang Ketika bunda memberi kejutan hari ulang tahunnya akan dirayakan. Keputusan itu tentu membuat anak langsung merespons dengan gembira. Bahkan si kecil bisa jadi sudah memahami betapa hari ulang tahun adalah hari yang spesial sehingga ingin momen itu dirasakan pula dengan teman-temannya. Bahkan lewat merayakan ulang tahun, si kecil akan terlatih kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Bonding makin kuat

Merayakan ulang tahun anak sama halnya mengundang seluruh keluarga berkumpul. Mungkin hanya di momen ulang tahun saja seluruh keluarga besar bisa berkumpul lengkap. Di saat bersamaan, seluruh anggota keluarga ingin berkontribusi dalam acara. Mulai dari persiapan, menyiapkan kue-kue dan panganan yang enak seperti Permen Susu Milkita Bites, sampai sesi foto-foto. Keguyuban ini sudah pasti berperaen dalam menciptakan kehangatan keluarga.

Anak menyadari makin tumbuh besar

Ketika ulang tahun, maka anak akan tumbuh kesadaran menjadi besar bersamaan dengan bertambahnya usia. Kesadaran ini yang pada akhirnya akan membentuk karakter si kecil, termasuk juga tanggung jawab yang dipikulnya selaras dengan pertambahan usia.

BACA JUGA: Ide Kegiatan Seru agar Si Kecil Terbangun Jiwa Patriotisme di Hari Pahlawan

Membentuk kenangan

Merayakan ulang tahun dengan seluruh anggota keluarga berkumpul adalah momen yang spesial. Kemeriahan dan keceriaan selama perayaan ulang tahun akan selalu terekam dalam memori si kecil. Mulai dari gelak tawa, kelucuan yang terjadi, tingkah kocak bunda atau ayah, sampai ekspresi gembira teman-teman akan senantiasa menjadi kenangan indah bagi si kecil sampai hingga dewasa.

Itulah beberapa manfaat dari merayakan ulang tahun anak. Bagi bunda, merayakan ulang tahun anak juga menjadi bentuk komunikasi rasa sayang dan peduli. Di saat bersamaan, merayakan hari ulang tahun anak juga membuat bunda Bahagia karena dapat mewujudkan acara yang diharapkan si kecil.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel