Artikel

Kiat-kiat Bangun Kebiasaan Anak Selalu Rapikan Koleksi Mainannya

Post pada 28 Sep 2023

Anak-anak dan mainan adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Mainan bukan sekadar aset, tapi turut mempengaruhi tumbuh kembang si kecil dalam hal kecerdasan kognitif. Di mata si kecil, mainan adalah dunia imajinasi yang tanpa batas.

Di satu sisi, memberikan mainan untuk si kecil juga merupakan bentuk kebahagiaan tersendiri bagi bunda. Menyaksikan wajah berseri-seri si kecil saat dihadiahi mainan adalah pengalaman menyenangkan yang akan menjadi kenangan yang dirindukan.

Di sisi yang lain, memberi mainan juga seperti buah simalakama. Makin banyak mainan akan berbanding lurus dengan makin berantakannya isi rumah. Begitu bosan, si kecil terbiasa meninggalkan dan membiarkan mainan itu tergeletak di mana saja. Ujung-ujungnya, bunda lagi yang akan membereskan.

Biar tidak terus-terusan mendapat teror rumah berantakan gegara mainan, bunda mesti punya strategi agar si kecil dengan senang hati bersedia merapikan lagi mainannya. Tentu saja strategi ini memerlukan waktu dan kesabaran tanpa batas. Oke deh biar singkat, langsung yuk simak kiat-kiat yang bisa bunda lakukan agar si anak bisa rapi saat bermain mainan favoritnya.

Awali dari bunda dulu

Ingat ya, anak adalah peniru ulung. Jadi, jangan harap si anak paham konsep merapikan mainan kalau bunda tidak melakukan hal yang sama. Pendek kata, bunda mesti jadi contoh. Leading by giving example. Kira-kira begitu bahasa kerennya. Tunjukkan pada anak bagaimana mengorganisir barang-barang bunda. Setelah itu, anak bisa mencontohkan apa yang bunda lakukan. Misalnya memilah mainan yang sama bentuk seperti robot-robotan dan action figure dalam satu wadah yang sama.

BACA: Tak Perlu Ragu Ajak Anak ke Pesta Pernikahan, Perhatikan 4 Hal Ini

Atau bunda bisa pula membiarkan anak memutuskan sendiri mainan apa saja yang harus dikelompokkan. Beri mereka kepercayaan dapat mengurus mainannya sendiri. Ini akan membuat anak merasa dihargai oleh bunda.

Ajak anak bikin wadah penyimpanan mainan

Kadang kala anak bingung ingin disimpan di mana koleksi mainannya. Nah, ini sama halnya peluang memancing kreativitas anak. Bunda bisa mengajaknya untuk membuat wadah mainan bersama-sama. Contohnya membuat dari kayu bekas menjadi kotak mainan. Biar keren, bunda bisa menghiasi kotak kayu itu dengan aneka ornamen.

Pancing anak senang merapikan mainan

Jangan lupa, bunda mesti siapkan strategi agar anak rajin merapikan mainan. Paling sederhana dengan memberi pujian yang tulus dan senyum yang manis. Bisa pula sesekali bunda memberikan hadiah seperti Permen Susu Milkita seusai si kecil merapikan koleksi mainannya. Permen Susu Milkita merupakan permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand.

BACA: Anak Suka Banget Olahraga? Jangan Abai Penuhi Kebutuhan Gizi

Cuma perlu ditekankan di sini, mendidik anak agar disiplin terhadap koleksi mainannya memerlukan kesabaran ekstra. Lalu syarat lainnya adalah telaten dan konsisten mendidik si kecil karena ini akan menjadi kebiasaan baik dan ketrampilan tersendiri yang diperlukannya saat dewasa kelak.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia  

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel