Artikel

Kualitas Udara Jakarta Lagi Buruk, Ini Cara Proteksi Kesehatan Anak

Post pada 14 Agu 2023

Kualitas udara di wilayah Jakarta dan sekitar sedang buruk-buruknya akibat polusi. Saking buruknya, Presiden Joko Widodo sampai menggelar rapat terbatas bersama kepala daerah di Istana Negara, Senin (14/8).

Bunda perlu mewaspadai polusi udara ini karena dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatan, khususnya pada anak-anak. Polusi udara dapat mengganggu saluran pernapasan anak. Mereka sangat rentan mengalami iritasi pada saluran pernapasan yang pada akhirnya menimbulkan gejala batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Sedangkan bagi yang menderita asma atau alergi pernapasan, polusi udara akan memicu peningkatan frekuensi kambuh.

Bunda sudah pasti tidak akan berdiam diri. Harus ada langkah-langkah nyata melindungi buah hati dari efek negatif polusi udara. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Minimalisir paparan langsung

Upayakan agar si kecil menghabiskan waktu di dalam ruang. Misalnya tetap di dalam ruang saat sekolah dan mengurangi aktivitas luar ruang. Bila ada dana lebih, bunda bisa menggunakan air purifier atau fitur penjernih udara di rumah. Alat itu dapat membantu memperbaiki kualitas udara. Ingat ya bunda, alat itu baru sebatas membantu saja bukan melenyapkan polusi.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Jaga kebersihan si kecil

Perhatikan juga kebersihan si kecil ya bunda. Pastikan buah hati selalu mandi setelah beraktivitas di luar ruang agar partikel polutan yang menempel di tubuh dan bajunya langsung hilang. Mandi adalah cara paling ampuh agar anak dalam kondisi bersih dan bebas dari polutan.

Selalu gunakan masker

Selama Covid 19, buah hati mungkin sudah terbiasa menggunakan masker. Nah, kebiasaan menggunakan masker itu dapat dioptimalkan lagi saat kualitas udara makin memburuk. Masker dapat menjadi solusi memproteksi saluran pernapasan si kecil dari partikel polutan yang berterbangan di udara. Pastikan bunda memilih masker yang mampu menyaring udara kotor dan ukurannya sesuai dengan wajah si kecil.

Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Anak dengan stamina tubuh yang prima cenderung lebih tahan dan mampu melawan negatif polusi udara. Inilah alasan kuat agar bunda selalu memastikan kesehatan anak terjaga dengan memastikan konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan cukup istirahat. Bunda dapat pula menyajikan Pino Es Serut Buah yang kaya akan vitamin sebagai camilan di sela-sela jam makan. Pino Es Serut Buah cocok disajikan saat cuaca terik karena dikonsumsi setelah dibekukan terlebih dulu di freezer kulkas.

BACA JUGA : Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil

Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari bunda mendidik anak untuk mengoptimalkan Perilaku Hidup Bersih Sehat alias PHBS. Di saat bersamaan, langkah itu juga bagian dari bentuk perhatian dan rasa sayang bunda terhadap si kecil.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia 

 

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel