Artikel

LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Momen Pas Kenalkan si Kecil dengan Transportasi Umum

Post pada 30 Agu 2023

Publik Jakarta dan sekitarnya boleh bersorak. Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo sendiri yang meresmikan moda transportasi terbaru itu. Dia berharap masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum untuk menekan kemacetan dan polusi udara.

Kehadiran LRT Jabodebek menjadi upaya pemerintah menjawab masalah kemacetan di mana Jakarta selama ini masuk dalam 10 kota termacet dunia. Tercatat, setiap hari nyaris satu juta kendaraan lalu lalang di Ibu Kota.

Mumpung lagi hangat-hangatnya LRT Jabodebek, mengapa bunda tidak memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan si kecil menggunakan transportasi umum. Ada segudang benefitnya lho karena berefek positif terhadap perkembangan fisik, psikologis, sosial, dan melatih kemandirian si kecil.

BACA JUGA : Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil

Begini penjelasannya. Pertama dari aspek sosial. Kepekaan si kecil terhadap orang lain akan terlatih. Seperti cara berbagi, bertoleransi, tenggang rasa, termasuk juga sopan santun kepada orang yang belum dikenal sebelumnya. Di saat bersamaan, si kecil juga belajar menghormati orang lain dengan turut bertanggung jawab terhadap kebersihan sarana dan prasarana umum.

Berikutnya adalah perkembangan fisik. Dengan menggunakan transportasi umum, si kecil akan lebih banyak bergerak. Entah itu berjalan kaki menuju stasiun atau halte. Belum lagi naik turun tangga penyebarangan. Lantaran aktif bergerak, sudah pasti bagus terhadap fisiknya dan menekan risiko si kecil terkena obesitas.

Terlepas dari itu, satu hal yang perlu bunda catat adalah mempersiapkan si kecil untuk terbiasa dengan transportasi umum. Kelak ketika besar, si kecil sudah familiar menggunakan transportasi umum. Apalagi sekarang moda transportasi di Jakarta sudah moderen dan terbilang sangat nyaman.

Nah, apa saja yang perlu bunda ajarkan kepada si kecil sebagai langkah awalnya? Yuk simak di bawah ini.

Kesabaran

Ini langkah pertama, yakni melatih kesabaran si kecil. Sabar menunggu dan sabar dengan situasi fasilitas transportasi umum yang kadang sulit ditebak. Seperti tiba-tiba banyak orang yang antre, kepanasan, menunggu kedatangan armada, dan lain-lain. Tanpa melatih kesabaran, anak akan mudah rewel dan trauma mengulanginya lagi.

Kenakan aneka moda transportasi

Ada begitu banyak moda transportasi umum yang dapat dipilih. Yang terbaru adalah LRT Jabodebek. Lantaran saat ini sudah terintegrasi, maka bunda dapat mudah mengajak si kecil merasakan berbagai jenis moda transportasi umum. Misalnya mengawali dengan naik angkot, berpindah ke Bus Transjakarta. Lalu beralih ke MRT Jakarta dan LRT Jabodebek.

Membaca rute dan tempat pemberhentian

Berikutnya, bunda sebaikya mengajarkan rute dan tempat pemberhentian moda transportasi umum. Paling dasar adalah mengenalkan rute perjalanan. Di stasiun maupun halte, terpampang informasi rute-rute perjalanan dan tempat pemberhentian. Nah, si kecil sebaiknya mulai diajarkan cara membaca peta informasi itu. Misalnya nama-nama tempat, jalur perjalanan, dan berapa ongkosnya.

Bawa camilan kesukaan

Sebaiknya bunda membawa bekal camilan kesukaan si kecil. Misalnya Permen Susu Milkita Bites yang merupakan permen Susu pertama dengan perpaduan tekstur crunchy (renyah) di luar dan chewy (kenyal) di dalam dan dibuat dengan Susu Asli dari New Zealand. Memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Dengan kemasan yang praktis tinggal di kantongin aja, permen berukuran bite-sized dengan tekstur yang unik dan rasa yang enak ini dijamin asyik sebagai teman berpergian bersama anak.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel