Artikel

Natal Jadi Momen Istimewa Didik Kepribadian Si Kecil

Post pada 25 Des 2023

Desember selalu identik dengan Perayaan Natal dan Malam Tahun Baru. Bagi si kecil yang merayakan Hari Raya Natal, pasti sudah membayangkan rumah akan penuh dengan pernak-pernik natal. Mulai dari menghias pohon natal, membuat kue, dan pastinya adalah membuka aneka macam hadiah.

Meski aktivitas itu jamak dilakukan, tapi bunda jangan abai untuk memberi pemahaman makna natal sesungguhnya. Ada banyak bahan pembelajaran di momen natal yang dapat bunda bagikan kepada si kecil. Berikut nilai-nilai natal yang penuh dengan kebaikan.

Bersyukur

Kadang ini sering terlewatkan dan terlihat sepele. Padahal maknanya luar biasa dan akan mendidik anak menjadi pribadi yang mudah mengapresiasi. Yup, rasa bersyukur. Jangan lupakan untuk mengingat si kecil untuk bersyukur atas apa yang diterima dan dimiliki saat natal kali ini. Lagi pula, perayaan Natal adalah momen spesial untuk mengajarkan si kecil selalu bersyukur atas segala sesuatunya.

Bukan hanya bersyukur sebatas pada materi, tapi secara luas. Bersyukur atas kenyamanan yang selama ini didapat. Bersyukur selalu dekat dengan bunda dan keluarga.

BACA JUGA: Usia si Kecil Jadi Pertimbangan Tentukan Destinasi Wisata Akhir Tahun 

Prinsip lebih baik memberi dari menerima

Bunda bisa mengingatkan si kecil bagaimana rasanya menerima hadiah atau sesuatu dari orang lain. Pasti akan direspons dengan kegembiraan dan penuh senyuman senang. Nah di sini bunda bisa memberi pemahaman makna penting dari lebih baik memberi daripada menerima itu. Agar lebih konkret, bunda bisa mendorong si kecil untuk menyisihkan uang sakunya untuk dibelikan barang sebagai kado sebagai bentuk rasa ingin berbagi kepada sesama.

Menerima untuk Memberi

Ada saran menarik dari Beth Kobliner, ahli finansial dan penulis buku Make Your Kid a Money Genius (Even if You Are Not). Dia mengajak bunda untuk mendidik anak menyisihkan uang tidak hanya untuk menabung saja tapi juga untuk berderma. Ini adalah edukasi keuangan yang sebaiknya terus-menerus bunda ajarkan kepada si kecil.

Dari sini, si kecil juga akan belajar memahami betapa setiap kebahagiaan yang didapatnya akan selalu ada orang yang ingin merasakan kebahagian yang sama. Si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih dan empati terhadap siapa pun.

Saling mengasihi

Perayaan natal selalu menyebarluaskan makna kasih sayang. Prinsip ini yang harus selalu ditanamkan pada si kecil untuk terus menebarkan kasih sayang kepada sesama, lingkungan, dan tentu saja semua makhluk hidup.

BACA JUGA: Ketahui Segudang Manfaat Playdate dalam Tumbuh Kembang Anak

Momen berharga bersama keluarga

Natal adalah momen paling istimewa di mana seluruh keluarga berkumpul. Secara tak langsung, si kecil akan menyadari betapa pentingnya ikatan keluarga yang penuh akan kasih sayang. Merayakan natal bersama akan menciptakan kenangan tersendiri bagi si kecil yang akan terus dikenang hingga dewasa.

Terlebih lagi momen istimewa ini turut disempurnakan dengan kehadiran Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita yang merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama dapat menjadi camilan istimewa seperti saat merayakan Natal.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopeedan Tokopedia

 

Bagikan Artikel