Artikel

Usia si Kecil Jadi Pertimbangan Tentukan Destinasi Wisata Akhir Tahun

Post pada 19 Des 2023

Pergantian tahun tinggal menghitung hari. Dan seperti yang sudah-sudah, momen akhir tahun selalu identik dengan liburan panjang. Bunda mungkin sudah punya rencana jauh-jauh hari untuk melewatkan pergantian tahun bersama si kecil.

Kendati sudah membayangkan keseruan dan kesenangan, tapi jangan abai dengan persiapan yang matang. Apalagi yang mau berlibur tidak hanya bunda seorang, tapi ribuan bunda-bunda lain di luar sana juga punya pemikiran serupa.

Alhasil, destinasi tujuan favorit keluarga bakal penuh sesak lantaran tingginya antusias masyarakat. Di sinilah bunda mesti jeli dalam menentukan tujuan wisata. Poin paling utama yang perlu menjadi pertimbangan adalah faktor keselamatan.

BACA JUGA: Bagaimana Karakter Generasi Alpha? Ini Bunda Penjelasan Lengkap

Maka itu, usia anak menjadi penentu dalam memilih destinasi tujuan wisata di akhir tahun. Apalagi tujuan wisata yang menawarkan aktivitas fisik luar ruang.

Berikutnya adalah pengawasan. Ingat ya bunda, lokasi wisata menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. Potensi anak tersasar atau lepas dari pengawasan orangtua sangat terbuka lebar. Hindari membiarkan si kecil asyik sendiri tanpa didampingi bunda.

Pengawasan di sini bukan bermakna bunda berperan seperti sekuriti ya, melainkan menjadi momen menghabiskan waktu bersama si kecil. Hal ini akan menambah kedekatan dan bonding bersama si dia.

Ajak Si Kecil Berdiskusi

Menentukan destinasi wisata liburan akhir tahun bukan dimonopoli penuh oleh bunda ya. Beri ruang si kecil untuk mengutarakan pendapatnya. Tanyakan keinginan, harapan, dan tentu saja mengkalkulasikan budget.

Di sini bunda dapat menilai sejauh mana wawasan si kecil seputar tempat-tempat destinasi yang diketahuinya. Interaksi seperti ini akan membangun budaya yang sehat di keluarga di mana masing-masing anggota keluarga mendapat ruang mengutarakan pendapat.

Begitu sudah disepakati, maka bunda dapat melibatkan si kecil untuk persiapan segala kebutuhan liburan. Mulai dari menyusun daftar barang bawaan yang disesuaikan dengan durasi waktu liburan dan destinasi wisata sampai dengan kebutuhan camilan.

BACA JUGA: Perlengkapan Wajib yang Perlu Dibawa Si Kecil Selama Musim Hujan

Contohnya adalah memastikan untuk membawa Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Di samping itu, mengisi liburan juga tidak harus keluar rumah kok. Bunda dapat mengajak anak beraktivitas menyenangkan selama liburan di rumah. Tentu saja di sini menantang bunda untuk kreatif mengkreasikan kegiatan yang membuat si kecil enjoy dan seru untuk seluruh keluarga. Misalnya saja kegiatan masak-memasak, camping di halaman rumah, dan lain-lain.

 

 

 

Bagikan Artikel