Artikel

Nonton Film dan Nyanyi Bisa Bantu Kenalkan Konsep Keragaman pada Anak

Post pada 01 Jul 2023

Memang tidak mudah mengenalkan konsep keragaman dan perbedaan pada anak usia dini. Tapi bukan berarti bunda menunggu saat si kecil masuk di usia yang cukup. Ingat, si kecil adalah peniru ulung dan cepat belajar banyak hal.

Tinggal bunda menemukan metode kreatif yang relevan pada si kecil sehingga cepat paham saat dikenalkan konsep keragaman dan perbedaan ini.

Mengajarkan keberagaman pada anak sejak usia dini merupakan cara terbaik dalam mematahkan stereotip serta melindungi si kecil melakukan tindakan diskriminasi, intimidasi dan juga bullying. 

BACA : Deretan Makna Ajak Anak Aktif di Hari Raya Idul Adha

Dalam tumbuh kembang, anak sebaiknya mulai belajar bahwa keragaman dan perbedaan itu suatu keniscayaan. Mulai dari berbeda dalam berbahasa, berbeda dalam budaya, dan berbeda dalam cara pandang.

Perbedaan akan semakin bervariasi ketika si kecil sudah masuk kedalam sebuah sistem pengajaran seperti sekolah, terutama pada sekolah yang interkultural. Si kecil akan melihat lagi perbedaan yang lebih besar dan luas dalam hal budaya, agama, suku dan masih banyak perbedaan yang lain.

Nah, bunda berperan dalam mengkreasikan metode yang menyenangkan saat si kecil belajar terkait perbedaan dan keragaman. Biar bunda makin mudah melakukannya, ini ada beberapa poin yang dapat dipertimbangkan. 

  1. Buku

Ada banyak buku untuk anak-anak yang mengandung banyak pesan moral atau membahas tentang keberagaman. Misalnya itu The Color of Us, The Skin You Live In, It’s Okat to be Different dan lainnya. Dari buku anak-anak, bunda juga bisa mengajarkan adanya bendera negara, bermacam pakaian adat atau daerah, makanan dari berbagai daerah atau negara serta perbedaan karakter tubuh dari tiap negara.

  1.  Lagu

Sama halnya dengan buku, ada banyak juga lagu anak-anak yang menceritakan tentang keberagaman. Bahkan di Indonesia juga ada lagu dengan tema keberagaman seperti Aku Anak Indonesia ciptaan dari AT Mahmud. 

BACA : Sopan Santun adalah Keterampilan Sosial yang Wajib si Kecil Kuasai

  1.  Film

Ada cara yang mengasyikan bagi anak untuk belajar konsep keragaman dan perbedaan, yakni dengan nobar alias nonton bareng film. Misalnya saja Film Laskar Pelangi atau acara Magic Show dan The Barney. Momen ini bakal makin asyik kalau bunda menyajikan Pino Es Serut Buah. Camilan yang nikmat disajikan dalam bentuk beku ini bisa menambah seru momen kebersamaan bareng anak.

  1.  Aktivitas

Bisa lho menjadikan aktivitas makan di luar menjadi sarana mengenalkan keragaman dan perbedaan kepada si kecil. Misalnya makan nasi padang, mampir ke warung soto, dan lain-lain. Termasuk juga bisa mengenalkan perbedaan dari pilihan rasa Pino Es Serut Buah. Meski punya rasa aneka buah yang menyegarkan, tapi semua pilihan rasa itu tetap nikmat.

Jadi, mengenalkan konsep keragaman dan perbedaan pada si kecil terasa jauh dari kesan kaku dan menggurui kan bunda! Kira-kira bunda punya ide apa soal ini?

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

 

 

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel