Artikel

Play Therapy Jadi Medium Merespons Emosi si Kecil yang Tak Stabil

Post pada 04 Des 2023

Jamak sekali saat mengasuh, emosi anak berubah-ubah dalam tempo singkat. Kadang sedang riang gembira, tiba-tiba ngambek tanpa sebab. Lagi asyik bermain, seketika menangis. Emosi anak yang sulit diprediksi itu kadang membuat bunda senewen.

Tentu saja, bunda sebaiknya bijak dalam merespons emosi anak yang tidak stabil itu. Ini menjadi penting karena pasti berdampak pada perkembangan karakter si kecil di masa depan. Di sinilah, bunda memahami peran dari Play Therapy.

Nah, apa itu Play Therapy? Bahasa sederhananya, istilah itu merujuk pada aktivitas bermain sebagai instrumen dalam mengatasi masalah dan emosi anak. Hanya yang perlu ditekankan, maksud dari play therapy bukan sekadar membiarkan anak bermain semaunya saja melainkan perlunya pendamping dari ahlinya.

Jadi, play therapy adalah aktivitas bermain di mana ada proses-proses yang dilakukan ahlinya. Mulai dari memilihkan permainan yang tepat sampai melakukan penilaian dari aktivitas tersebut.

BACA JUGA: Ketahui Segudang Manfaat Playdate dalam Tumbuh Kembang Anak

Biasanya play therapy akan direkomendasikan kepada anak yang terlihat sering murung, menjaga jarak dengan lingkungan sosial, mengalami gangguan kecemasan, maupun sering trantum.

Meski ada pendampingan dari ahli, tapi peran orangtua tetap diperlukan. Utamanya di waktu-waktu yang spesial dengan anak. Waktu-waktu spesial dalam membangun keintiman dengan si kecik tetap menjadi kewajiban bunda.

Waktu spesial di sini bukan berarti bermakna dari sisi kuantitas, tapi menekankan kualitas. Bahasa kerennya adalah quality time. Misalnya saja meluangkan waktu bermain bersama anak selama 15 menit. Tapi dengan catatan waktu 15 menit itu didedikasikan untuk si kecil.

Bunda bisa menemani si kecil dengan bercengkrama secara hangat, bermain bersama, mendongeng, dan sejenisnya. Dari aktivitas kebersamaan ini, si kecil akan menilai bunda adalah sosok yang bisa dipercaya dan menjadi tempat istimewa untuk mengungkapkan ekspresi maupun isi hati.

BCA JUGA: Tips yang Perlu Diajarkan pada Anak Jika Tersesat

Jangan lupa juga, kedekatan bunda dengan si kecil merupakan investasi jangka panjang. Perhatian yang bunda curahkan ke si kecil di masa-masa emasnya akan berbuah di kemudian hari.

Bahkan termasuk pula ketika bunda memberikan pangangan seperti Permen Susu Milkita Bites. Permen susu Permen Susu Milkita ini adalah permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama. Panganan ini akan menjadi bentuk komunikasi istimewa kepada si kecil. Di masa depan, Permen Susu Milkita Bites akan membangkitkan kenangannya bersama bunda.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopeedan Tokopedia

Bagikan Artikel