Artikel

Tips yang Perlu Diajarkan pada Anak Jika Tersesat

Post pada 28 Nov 2023

Potensi anak tersesat di keramaian sangat besar. Usia anak yang sangat aktif dan terdorong rasa ingin tahu membuatnya sangat mudah lepas dari pengawasan. Situasi ini tentu akan membuat bunda langsung panik dan khawatir. Bahkan, bunda pun pasti nggak mau membayangkan mengalami kejadian seperti ini.

Sedia payung sebelum hujan. Nah, kira-kira pepatah ini perlu bunda terapkan agar tidak mengalami situasi kehilangan anak saat di keramaian. Paling sederhana adalah bunda sudah mulai memberi tips keselamatan dasar.

Langkah yang bisa dilakukan adalah selalu menyelipkan kartu nama yang berisi nama dan nomor telepon bunda yang bisa dihubungi ke dalam pakaian si kecil. Bila perlu, bunda sudah mulai mengajarkan kepada si kecil untuk menghapal nomor telepon atau alamat rumah.

BACA JUGA : Pelukan Bukan Sekadar Ekspresi Rasa Sayang Bunda ke Si Kecil

Hal lain yang perlu diajarkan adalah menseleksi orang untuk meminta bantuan. Misalnya bunda bisa mengenalkan seragam polisi, tentara, atau petugas keamanan di lokasi itu. Sehingga saat si kecil menyadari terlepas dari orangtua, maka dia sudah tahu akan kemana mencari pertolongan.

Tips yang sebaiknya bunda ajarkan kepada anak saat tersesat

Sangat manusiawi saat anak merasa kehilangan bunda, akan muncul kepanikan. Justru kepanikan akan membuat situasi makin runyam. Di sinilah peran bunda dalam memberi wawasan. Ajarkan anak untuk tetap tenang dan tidak panik.

Yakinan pada si kecil, bunda senantiasa selalu aktif mencari. Maka itu, langkah yang paling penting adalah memastikan si kecil tidak berpindah tempat yang justru akan makin sulit untuk melakukan pencarian.

Atau bisa juga bunda menginformasikan titik-titik strategis untuk tempat berkumpul kepada si kecil ketika terjadi situasi yang tidak diinginkan. Misalnya kalau terpisah, usahakan untuk bergeser ke pintu masuk maupun pos keamanan. Upayakan titik-titik strategi situ mudah terlihat anak. Maklum, postur tubuhnya yang mungil bisa jadi akan membuatnya kesulitan menemukan titik-titik itu.

BACA JUGA: Ajak Anak Berwisata Kuliner Bukan Sekadar Makan-makan 

Berikutnya, pastikan bunda selalu membawakan bekal kepada si kecil. Tidak perlu makanan berat tapi camilan seperti Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita ini adalah permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama ini dapat membantu anak tidak panik.

Atau bunda bisa saja memanfaatkan gadget seperti gelang pintar yang dikenakan si kecil. Dengan begitu, bunda dapat menemukan lokasi terkait posisi si kecil melalui aplikasi yang ada di ponsel.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel