Artikel

Referensi Lomba 17 Agustusan di Rumah yang Hemat tapi Seru

Post pada 10 Agu 2023

Hore, negeri tercinta bakal merayakan HUT Kemerdekaan. Tepat di tanggal 17 Agustus nanti, Indonesia akan merayakan hari jadi ke-78. Ini adalah momen bersejarah yang penuh makna spesial sekaligus untuk memompa semangat nasionalisme, khususnya kepada buah hati.

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pasti disemarakkan dengan gelaran lomba. Kenapa ada lomba? Sederhananya, lomba itu sengaja digelar untuk membangkitkan gelora semangat dan berkompetisi ke arah yang positif. Mumpung lagi perayaan Agustusan, bunda bisa dong jadi panitia lomba Agustusan di rumah. Bunda jadi panitia dan buah hati jadi pesertanya. Pasti seru bukan!

BACA JUGA : Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil

Tak perlu susah-susah bikin lomba di rumah. Ada banyak pilihan lomba yang akan membuat buah hati bergerak aktif dan tertawa riang gembira. Nah, di bawah ini ada beberapa referensi lomba yang mudah dan tak perlu keluar biaya banyak yang dapat bunda praktikkan di rumah.

Kupas kulit buah

Kalau si kecil sedikit susah makan  buah, coba deh jadikan aktivitas kupas kulit buah sebagai lomba. Aturannya dibuat sederhana saja. Tidak perlu adu cepat kupas kulit buah tapi pemenanganya ditentukan dari siapa yang dapat mengupas kulit buah dengan hasil kupasan tanpa terputus. Pilihlah jeruk karena si kecil dapat mengupas buah ini tanpa bantuan pisau jadi lebih aman.

Terbangkan pesawat kertas

Lomba satu ini akan mendorong anak lebih kreatif membuat pesawat kertas. Dia akan berusaha mengubah selembar kertas menjadi pesawat kertas yang dapat melayang lebih lama. Bila perlu, bunda beri waktu si kecil untuk bereksperimen dulu saat membuat pesawat kertas. Bila dia sudah menyatakan siap, barulah bunda mulai lombanya! Pemenangnya bisa ditentukan dari jarak terjauh atau juga terlama melayang di udara. Bebas pokoknya.

Menggambar sambil mata ditutup

Si kecil suka menggambar? Ayo sekarang tantang dia untuk menggambar tapi dengan mata ditutup. Ini adalah lomba yang tak perlu biaya karena cukup modal kertas, pensil, dan kain penutup mata. Berikutnya, beri dia tantangan untuk menggambar rumah atau hewan. Dijamin, bunda akan tertawa geli melihat ekspresi si kecil berusaha keras menggambar. Bukan itu saja, hasil gambarnya juga dapat mengundang gelak tawa.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Tiup balon

Mungkin terlihat sepele lomba ini, tapi tak semua orang mampu. Termasuk juga si ayah. Lomba meniup balon menuntut otot-otot sekitar perut aktif untuk mengeluarkan udara ke balon. Bunda tinggal beli balon warna-warni yang mudah didapatkan di sekitar warung atau toko kelontong.

Sebenarnya ada banyak ide lomba yang dapat bunda lakukan di rumah. Itu hanya sekadar referensi saja. Siapa tahu bunda punya ide brilian lain yang dapat ditiru oleh yang lain. Oh ya, sebelum mulai lomba, jangan lupa siapkan Pino Es Serut Buah ya. Camilan yang asyik dinikmati setelah dibekukan di kulkas ini bakal jadi teman yang menambah semarak jalannya lomba. Selain kaya akan vitamin, Pino Es Serut Buah juga menyegarkan.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel