Artikel

Siasat Mudah Hindarkan Buah Hati dari Kecanduan Gadget  

Post pada 16 Jun 2021

Sulit membuat anak menjaga jarak dengan gadget. Terlebih di masa pandemi di mana gadget berperan penting dalam menunjang sistem pembelajaran jarak jauh. Di saat bersamaan, gadget dapat berefek buruk ke anak. Mulai dari masalah kesehatan sampai urusan keselamatan diri.

Sebenarnya, banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak melalui gadget, mulai dari bagaimana cara menari hingga cara membuat macam-macam prakarya. Selain itu, gadget juga bisa menjadi sarana hiburan karena terdapat beragam games yang bisa dimainkan.

Namun, jika terlalu sering main gadget, apalagi tanpa pengawasan, anak bisa kecanduan gadget. Supaya tidak berdampak buruk bagi anak, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak:

1. Batasi Waktu

Membatasi waktu menjadi langkah awal agar buah hati terhindar dari kecanduan gadget.
Orangtua bisa memberi waktu 1–2 jam dalam sehari untuk Si Kecil menggunakan gadget. Selain itu, awasi juga agar tidak mengakses konten pornografi atau kekerasan.

Dalam menerapkan batasan ini, Orangtua perlu bersikap tegas. Latih Si Kecil meminta izin terlebih dahulu sebelum bermain gadget dan mengembalikan di tempatnya usai digunakan. Bila perlu, orang tua punya tempat khusus gadget yang tidak diketahui anak.

2. Batasi Ruang

Penggunaan gadget juga bisa dibatasi dengan menetapkan tempat bebas gadget di rumah. Misalnya saja saat di ruang makan, ruang keluarga, atau kamar tidur. Itu berarti ruangan-ruangan tersebut tidak diperbolehkan menggunakan gadget.

3. Berikan contoh

Tak hanya anak-anak saja, Mama dan Papa juga harus menaati aturan tersebut sebagai contoh yang akan dilihat oleh anak. Sebab anak akan melihat dan menirukan apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

Sisihkan ponsel, tablet, dan laptop Bunda selama beberapa jam setiap harinya. Kemudian, libatkan diri dalam bentuk hiburan alternatif dan habiskan waktu bersama keluarga serta anak-anak.

4. Seimbangkan aktivitas

Sebisa mungkin dorong anak agar tetap aktif secara fisik, tidak hanya menghabiskan waktu dengan gawai. Ciptakan suasana yang nyaman di rumah sehingga anak terdorong untuk melakukan aktivitas fisik.

Orangtua bisa ajak anak untuk belajar masak, bermain di taman atau berolahraga. Hal ini supaya anak punya kebiasaan lain yang terlepas dari gadget.

5. Beri pujian

Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika mereka tidak menggunakan ponsel. Baik apakah itu karena keputusan sendiri atau karena telah mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel