Artikel

Bolehkan Ibu Hamil Puasa? Boleh Asal Jalankan Tips Berikut Ini!

Post pada 15 Mar 2024

Puasa adalah salah satu rukun Islam dan ibadah wajib untuk umat muslim di Indonesia dan juga seluruh dunia. Namun, untuk Bunda yang sedang hamil, apakah masih diperbolehkan berpuasa? Apakah aman jika Bunda tetap berpuasa? 

Pertanyaan ini seringkali muncul, terutama untuk ibu muda yang baru memiliki anak pertamanya. Tentunya, ibu yang sedang hamil membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan banyak, tak hanya untuk sang ibu namun juga untuk bayi dalam kandungannya. Karena itu, ada baiknya Bunda perhatikan tips aman berpuasa untuk ibu hamil berikut ini. 

Apakah Aman untuk Ibu Hamil Tetap Berpuasa?

Sebelum membahas tipsnya, kita bahas dulu mengenai pertanyaan di atas. Dalam Islam sendiri, ibu hamil dan menyusui diperkenankan untuk tidak berpuasa. Namun, untuk Bunda yang sudah terbiasa puasa dan sedang hamil, tentunya merasa ada yang kurang. 

Nah, apakah aman untuk ibu hamil tetap berpuasa, sampai saat ini belum ada jawaban yang pasti. Namun, studi terakhir, sebagaimana dilansir dari Baby Centre, menyatakan tidak ditemukan atau hanya sedikit efek kepada bayi untuk ibu hamil yang berpuasa. 

Akan tetapi, disebutkan juga bahwa ibu hamil yang berpuasa sering ditemukan mengalami dehidrasi ataupun kekurangan energi. Karena itu, Bunda, jika ingin tetap berpuasa selama hamil, ada syarat yang perlu diperhatikan oleh Bunda, sebagaimana disebutkan di tips berikut ini. 

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Konsumsi Permen?

Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil 

Bunda yang hamil harus tetap menjaga asupan gizi seimbang baik untuk dirinya sendiri maupun untuk bayi dalam kandungannya. Karena itu dianjurkan agar Ayah mengajak Bunda yang sedang hamil untuk konsultasi dulu ke dokter sebelum memulai puasa. 

Ada kondisi-kondisi tertentu yang perlu dipastikan oleh dokter yang tidak memungkinkan untuk Bunda tetap berpuasa selama kehamilan Bunda, antara lain:

  1. Mual berlebih – jika Bunda mengalami mual rutin setiap pagi dan bahkan cenderung berlebihan, maka ada baiknya Bunda tidak berpuasa. 
  2. Tekanan Darah Tinggi – ada baiknya Bunda tidak berpuasa jika memiliki masalah tekanan darah tinggi ini. 
  3. Diabetes – untuk Bunda yang memiliki diabetes sebaiknya tidak berpuasa selama kehamilan. 

Dengan konsultasi dengan dokter, Bunda dan Ayah dapat memastikan apakah Bunda aman berpuasa selama hamil atau tidak. Jika dokter mengatakan aman untuk berpuasa, Bunda dapat lakukan tips aman berpuasa berikut ini:

tips untuk ibu hamil agar aman berpuasa
Ingin tetap berpuasa? Simak 7 tips aman berpuasa untuk ibu hamil ini

1. Penuhi Kebutuhan Air 

Sebagaimana studi yang disebutkan di atas, Bunda yang dalam masa kehamilan dan tetap berpuasa cenderung mengalami dehidrasi. Karena itu tips puasa untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk selalu memastikan kebutuhan air untuk Bunda dan bayi dalam kandungan terpenuhi. Minum air lebih banyak saat Sahur dan juga konsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti buah, sayur, sop, dan lainnya. 

2. Jaga Asupan Serat

Selama berpuasa, Bunda yang sedang hamill, perlu tetap menjaga asupan serat yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Hal ini untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan selama bulan puasa karena perubahan pola makan. Perbanyak makan buah, sayur dan bahan makanan kaya fiber lainnya. 

3. Minum Vitamin atau Suplemen

Jika perlu, Bunda harus mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang dapat membantu vitalitas Bunda sehari-hari. Mintalah ke dokter kandungan Bunda untuk diberikan vitamin atau suplemen yang dibutuhkan agar tetap menjaga kandungan sehat dan terjaga selama Bunda berpuasa. 

Baca juga: Indikator untuk Ibu Hamil Dapat Tetap Puasa

4. Tambah Nutrisi dengan Susu

Konsumsi susu selama puasa untuk ibu yang sedang hamil dapat menambah asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan Bunda. Minumlah susu saat sebelum tidur dan juga saat sahur, agar kondisi Bunda dan bayi terjaga selama berpuasa. 

5. Konsumsi Camilan Sehat dan Istirahat yang Cukup

Disarankan untuk Bunda yang sedang hamil untuk mengkonsumsi camilan yang sehat selama berpuasa agar memberi nutrisi yang dibutuhkan Bunda sendiri dan juga bayi dalam kandungan. Selain itu, Bunda juga perlu istirahat yang cukup untuk mencegah kelelahan saat mengandung dan menjalankan ibadah puasa ini. 

Segera Konsultasi Jika Mengalami Hal Ini!

Segera konsultasi ke dokter atau bidan jika selama berpuasa, Bunda merasakan gejala-gejala seperti berikut ini: 

  1. Jika Bunda tidak mengalami kenaikan berat badan yang seharusnya atau bahkan cenderung kehilangan berat badan. Hal ini dapat membahayakan kondisi bayi dalam kandungan.
  2. Jika Bunda selama berpuasa merasa cepat haus ataupun lebih jarang buang air kecil. Perlu diperhatikan juga warna air kecil Bunda. Jika berwarna lebih pekat, ada baiknya segera konsultasi ke dokter atau bidan. 
  3. Jika Bunda sering merasa pusing, lemah, lelah bahkan setelah istirahat yang cukup. Segera batalkan puasa Bunda dan makan makanan yang mengandung gula serta minum. Jika masih berlanjut, Bunda harus segera konsultasi ke dokter ya. 

Puasa untuk Ibu Hamil? Pilihan Kok…

Untuk tetap berpuasa selama kehamilan adalah pilihan Bunda (dan Ayah), karena pada dasarnya dalam agama sendiri tidak mewajibkan ibu hamil untuk tetap berpuasa. Jika Bunda memutuskan untuk tetap berpuasa, ada baiknya perhatikan tips aman berpuasa untuk ibu hamil di atas, agar kesehatan Bunda dan bayi dalam kandungan tetap terjaga dengan baik selama puasa. 

Jangan lupa segera konsultasi ke dokter atau bidan jika mengalami gejala-gejala yang dapat mengganggu kehamilan Bunda ya. Semoga puasa Bunda dan keluarga lancar sampai akhir dan kandungan Bunda tetap sehat hingga masa lahiran nanti.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel