Artikel

Tips Dampingi Tumbuh Kembang Anak Generasi Alpha

Post pada 15 Des 2023

Mungkin bunda sudah familiar dengan istilah generasi Alpha. Yup, generasi alpha adalah generasi pertama yang lahir di dunia digital. Meski sudah akrab dengan teknologi, tapi mereka tidak terlalu kecanduan.

Beda dengan bunda yang dikelompokkan sebagai generasi milenial yang sangat tergantung dengan teknologi digital. Hampir separuh generasi alpha lebih banyak menghabiskan waktu tanpa gadget dan menikmati aktivitas fisik di luar ruangan.

Meski begitu, generasi alpha tetap menggunakan teknologi di segala sendi kehidupan. Mulai di rumah sampai sekolah. Dalam pengasuhan, bunda sebaiknya mempertimbangkan beberapa tips di bawah ini agar satu frekuensi dengan si kecil, si generasi alpha. 

  1. Hindari gaptek

Ingat bunda, generasi alpha sangat melek dengan teknologi digital. Bahkan sudah menjadi instrumen dalam pembelajaran. Jadi penting bagi bunda agar tidak gaptek. Cobalah update terkait perkembangan teknologi. Seperti games favorit anak-anak. Bila perlu bunda ikut bermain game tersebut bersama si kecil. 

  1. Durasi screen times

Terlalu asyik dengan gadget kadang membuat si kecil lupa sekeliling. Inilah yang selalu mengundang kekhawatiran. Mulailah membuat konsensus bersama si kecil agar tidak terpaku dengan gadget. Misalnya dengan membuat durasi bermain gadget dalam sehari. Dengan begitu, si kecil memahami batasannya. 

BACA JUGA: Tips Mudah Dorong Anak Kuasai Keterampilan Public Speaking

  1. Keamanan media sosial

Sudah banyak kejadian tindak kriminal menggunakan media sosial. Jangan ragu untuk memberi pemahaman soal ini, khususnya tentang cyber crime. Sejumlah platform media sosial juga memberi batasan umur untuk mengaksesnya. Belum lagi konten-konten media sosial yang tidak relevan dengan si kecil. 

  1. Gaya mengasuh

Generasi alpha tidak nyaman dengan pola pengasuhan yang otoriter, kaku, dan asal main instruksi. Justru mereka menyukai gaya pengasuhan yang egaliter dan pendekatan yang baik. Artinya, bunda sebaiknya memposisikan diri sebagai pendengar dan memenuhi tuntutan emosional anak. Si kecil juga lebih menyukai kebebasan dalam mengeksplorasi sekitarnya. Pendek kata, bunda selalu berperan sebagai pihak suportif dan menyenangkan mood si kecil.

BACA JUGA: Play Therapy Jadi Medium Merespons Emosi si Kecil yang Tak Stabil

  1. Family time

Jangan kaget kalau si kecil terlihat berani menyuarakan pendapatnya. Ya, inilah kelebihan generasi alpha. Maka itu, bunda perlu mempertimbangkan selalu ada family time untuk mendengarkan cerita-cerita seru si kecil. Sesi ini akan menyenangkan bila diselingi dengan permainan games maupun membuat konten bersama si kecil.

Jangan lupa juga untuk menyediakan Permen Susu Milkita Bites sebagai pelengkap suasana. Permen Susu Milkita merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Kesimpulannya, bunda perlu beradaptasi dengan keunikan si kecil yang merupakan generasi alpha. Ini menjadi langkah untuk mendampingi tumbuh kembang si kecil.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopeedan Tokopedia

 

 

Bagikan Artikel