Artikel

Tips Menyambut Ramadan untuk Keluarga: Membangun Kebersamaan dan Spiritualitas Bersama Si Kecil

Post pada 06 Mar 2024

Assalamu’alaikum, Bunda! Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, momen yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan penuh berkah ini memberikan kesempatan bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan ibadah, dan merasakan kehangatan kebersamaan bersama keluarga. 

Persiapan menyambut Ramadan juga perlu Bunda perhatikan agar seluruh anggota keluarga dapat menjalankan dan menyelesaikan ibadah puasa mereka dengan lancar. Biasanya persiapanan menyambut bulan puasa ini telah dilakukan sejak beberapa minggu sebelum puasa dimulai. 

Persiapan tidak hanya menyangkut persiapan fisik namun juga persiapan mental dan emosional. Hal ini tentunya dikarenakan di bulan puasa ini, kita tidak hanya menahan rasa lapar dan haus. Namun juga menahan diri dari perilaku dan pikiran negatif.

Karena itu, penting sekali untuk mempersiapkan diri kita dan juga keluarga menghadapi bulan puasa penuh berkah ini. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips menyambut Ramadhan untuk keluarga yang dapat Bunda terapkan di rumah. 

Tips Persiapan Menyambut Ramadan di Rumah untuk Seluruh Anggota Keluarga

Agar bulan Ramadan ini lebih bermakna dan penuh keberkahan, berikut adalah beberapa tips persiapan menyambut bulan puasa di keluarga:

1. Menyambut Ramadan dengan Kebersihan Rumah

Salah satu cara menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah adalah dengan membersihkan dan merapikan rumah. Kan katanya kebersihan bagian dari iman. Karena itu, Bunda, yuk mulai dengan membersihkan setiap sudut rumah, termasuk dapur dan ruang keluarga.

Rumah yang bersih akan menciptakan suasana yang tenang dan nyaman untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk membersihkan rumah, Bunda dapat mengajak seluruh anggota keluarga bersama-sama bertanggung jawab dalam merapikan ruangan di rumah. 

Baca juga: Tips Memberikan Gizi Seimbang pada Anak

2. Menyediakan Buku Panduan Ibadah untuk Si Kecil

Libatkan si Kecil dalam persiapan menyambut Ramadan dengan menyediakan buku panduan ibadah khusus untuk anak-anak. Buku ini dapat berisi panduan tata cara shalat, doa-doa harian, kisah-kisah islami, dan aktivitas-aktivitas ramadan yang menyenangkan. Buku panduan ini juga dapat membantu Bunda dalam mengenalkan puasa sejak dini kepada si Kecil

3. Menjadwalkan Kegiatan Beribadah Bersama

Agar ibadah puasa di bulan Ramadan lebih terarah, buatlah jadwal kegiatan beribadah bersama keluarga. Tentukan waktu-waktu untuk shalat berjamaah, membaca Al-Qur’an, berdoa bersama, dan mengikuti kajian-kajian islami yang diselenggarakan di masjid terdekat. 

4. Membuat Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat

Salah satu aspek penting dalam menjalankan ibadah puasa adalah menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Bunda dapat merencanakan menu sahur dan berbuka yang mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah dan sayuran segar. Bunda juga dapat mengajak anggota keluarga untuk mempersiapkan menu bersama-sama dan menjadi aktivitas seru bersama keluarga selama sebulan penuh. 

tips persiapan menyambut puasa bersama keluarga

5. Berbagi dengan Sesama

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Ajaklah si Kecil untuk berpartisipasi dalam kegiatan amal, seperti memberikan makanan berbuka kepada yang membutuhkan atau menyumbangkan sebagian rezeki untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Momen spesial ini dapat Bunda manfaatkan sebagai momen untuk mengenalkan si Kecil kepedulian terhadap sesama loh. 

6. Mengatur Waktu Tidur Si Kecil

Sesuaikan jadwal tidur si Kecil dengan jadwal ibadah di bulan Ramadan. Pastikan si Kecil mendapatkan cukup istirahat di malam hari agar tetap bugar dan aktif menjalankan ibadah di siang hari. Jika memungkinkan, libatkan si Kecil dalam kegiatan ibadah malam, seperti tarawih atau tahajud (jangan dipaksakan juga ya Bunda jika si Kecil tak sanggup). 

7. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadan. Doronglah si Kecil untuk lebih aktif dalam membaca Al-Qur’an, berdoa, dan melakukan amal sholeh lainnya. Ingatkan mereka bahwa bulan Ramadan adalah kesempatan emas untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

tips menyambut puasa

8. Berbagi Pengetahuan tentang Ramadan

Selain menjalankan ibadah, penting juga untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna dan hikmah Ramadan kepada si Kecil. Bunda dapat bercerita tentang kisah-kisah nabi dan para sahabat yang menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan ketabahan.

9. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Ajarkan si Kecil pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, terutama selama bulan puasa. Ingatkan mereka untuk rajin berwudhu, membersihkan gigi, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar ibadah mereka diterima oleh Allah SWT.

10. Merencanakan Kegiatan Keluarga yang Bermakna

Selain ibadah, luangkan waktu untuk melakukan kegiatan keluarga yang bermakna dan menyenangkan. Bunda bisa merencanakan acara berkeliling lingkungan untuk memberikan makanan kepada kaum dhuafa, atau mengadakan kegiatan santai seperti piknik atau olahraga santai sore hari bersama keluarga. 

Nah, itu dia 10 tips menyambut ramadan di keluarga yang Bunda dapat terapkan segera. Eh, jangan lupa, persiapkan juga camilan kesukaan si Kecil seperti Milkita Bites yang chewy dan crunchy itu loh. Bunda dapat kunjungi toko official Unifam di Shopee dan Tokopedia

Dengan persiapan dan langkah-langkah yang tepat, bulan Ramadan akan menjadi momen yang berharga dan membahagiakan bagi seluruh anggota keluarga. Semoga dengan menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan, kita semua mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah SWT. Ramadan Kareem, Bunda!

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel