Artikel

Habiskan Waktu Menyenangkan dengan 9 Ide Ngabuburit Bersama Anak Di Bulan Ramadan Ini

Post pada 26 Mar 2024

Bulan puasa sudah memasuki minggu kedua Bunda, semoga puasa Bunda dan keluarga lancar ya. Nah, bicara tentang puasa, ada momen yang bisa jadi momen menyenangkan untuk dihabiskan bersama si Kecil loh, ngabuburit. 

Ngabuburit merupakan momen yang dinanti-nanti selama bulan Ramadan, tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Menunggu waktu berbuka puasa bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk dihabiskan bersama keluarga, khususnya dengan anak-anak. 

Apa itu Ngabuburit di Bulan Ramadan?

Ngabuburit yang identik dengan bulan Ramadan merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda dan telah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Ngabuburit adalah sebuah tradisi berupa kegiatan untuk menunggu waktu berbuka puasa. 

Dahulu, ngabuburit diisi dengan kegiatan anak-anak yang pergi mengaji. Namun kini, ngabuburit telah bergeser dengan diisi jalan-jalan sore atau berbelanja aneka takjil untuk berbuka. Bahkan banyak kegiatan-kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di rumah saat ngabuburit.

Bunda bisa memanfaatkan waktu ngabuburit ini untuk lebih dekat dengan si Kecil dan juga menghilangkan kejenuhan saat menunggu adzan magrib.  si Kecil pun bisa melupakan rasa lapar dan hausnya untuk sejenak, sehingga mereka bisa menyelesaikan puasanya dengan baik.

Baca juga: Tips Mengenalkan Puasa pada Anak Sejak Dini

Tips Memilih Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak Di bulan Ramadan

Untuk dapat memanfaatkan momen ini, Bunda dapat lakukan beberapa tips ngabuburit bersama anak di bulan Ramadan  yang bisa Bunda coba.

  • Libatkan anak dalam memilih kegiatan yang ingin mereka lakukan

Melibatkan si Kecil dalam menentukan kegiatan ngabuburit sangatlah penting, ini bisa menjadi penyemangat untuk si Kecil dan menantikan kegiatan seru lainnya setiap hari.

  • Buatlah suasana yang menyenangkan dan santai

Karena tujuan dari ngabuburit ini adalah untuk membuat anak tidak jenuh menunggu adzan magrib, maka kita sebisa mungkin harus menciptakan suasana yang menyenangkan bagi si Kecil. 

  • Bonding dengan si Kecil¬†

Ayah dan Bunda pastinya harus meluangkan waktu untuk si Kecil agar hubungan antara orangtua dan anak makin menyenangkan. Nah, ngabuburit ini bisa jadi kesempatan untuk meningkatkan harmonisasi hubungan keluarga nih. 

  • Buat Jadwal Kegiatan

Rencanakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk dilakukan bersama anak selama menjelang berbuka puasa. Buatlah jadwal kegiatan yang menarik dan bervariasi setiap harinya

9 Ide Ngabuburit Bersama Anak Di Bulan Ramadan

Gimana Bunda? Masih bingung dengan apa saja kegiatan yang dapat dilakukan bersama di bulan puasa ini? Nah Ini dia beberapa ide sederhana yang bisa bunda coba untuk mengisi waktu ngabuburit bersama si Kecil.

1. Mencari Takjil

Ngabuburit sendiri sangat identik dengan berjalan-jalan untuk mencari menu buka puasa. si Kecil pastinya akan sangat senang apabila diajak jalan-jalan sore untuk memilih menu buka puasa kesukaannya. 

Ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjelajahi lingkungan dan juga mendukung bisnis lokal di sekitar kita. 

ide kegiatan ngabuburit bersama anak
Ide ngabuburit bersama anak? Memasak bisa jadi opsi

2. Memasak dan Menyiapkan Buka Puasa Bersama

Ajak anak-anak membantu di dapur dengan tugas-tugas sederhana sesuai usia mereka, seperti mencuci sayuran, menata meja makan, atau bahkan mengaduk bahan masakan. Kegiatan ini dapat membantu mereka belajar tentang memasak dan bertanggung jawab.

3. Menonton Acara Islami

Ngabuburit juga bisa dilakukan di rumah, Bunda bisa mengajak si Kecil menonton program edukatif atau menghibur terkait Ramadan yang dapat ditonton bersama keluarga di rumah. Pastinya bunda tetap harus mendampingi si Kecil saat menonton di rumah.

Baca juga: Daftar Film Anak Inspiratif yang Cocok Ditonton Bersama Anak

4. Tadarus Al-Quran

Meskipun saat menunggu waktu berbuka adalah waktu yang krusial karna pastinya kondisi si  kecil sudah lemas dan lapar, tapi bunda bisa mengajaknya untuk tadarus Al-quran, selain tidak mengeluarkan energy yang banyak kegiatan ini juga bisa membuat anak semakin lancer membaca Al-Quran.

5. Melakukan Amal Kebaikan

Tanamkan semangat Ramadan dengan melakukan kegiatan amal bersama. Bunda dapat menyiapkan dan membagikan takjil kepada orang yang kurang mampu atau menyumbangkan pakaian kepada mereka yang membutuhkan.

6. Membuat Kerajinan Tangan Bertema Ramadan

Buatlah dekorasi Ramadan yang meriah untuk rumah atau kartu ucapan Eid buatan tangan. Ini adalah cara yang bagus untuk menghibur mereka sambil mengekspresikan kreativitas mereka. Hasilnya nanti bisa dipajang di rumah atau bisa diberikan kepada sanak saudara lainnya.

7. Mendongeng

Bunda bisa membacakan cerita tentang Ramadan, kisah nabi-nabi Islam, atau cerita rakyat. Kegiatan ini dapat menjadi aktivitas yang menenangkan dan menjadi kesempatan untuk memperkenalkan mereka dengan tradisi Islam.

Biasanya saat dibacakan dongeng akan muncul rasa ingin tahu dari anak, dan memunculkan rasa penasaran pada cerita-cerita lainnya.

ide kegiatan ngabuburit bersama anak di bulan puasa

8. Olahraga Ringan 

Bunda dapat mengajak si Kecil dan keluarga untuk berolahraga pada saat waktu ngabuburit agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Saat ngabuburit, pilih olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh anak seperti jalan sore atau bersepeda. 

9. Bermain Sensori

Jika Bunda memiliki anak yang lebih kecil, libatkan mereka dalam kegiatan yang merangsang indera mereka seperti bermain dengan adonan, membangun istana pasir (jika ada kotak pasir di dekatnya), atau menyortir benda-benda berwarna-warni.

Untuk mengisi waktu ngabuburit ini pilihlah kegiatan yang sesuai dengan usia dan minat anak. Karena pengalaman yang menyenangkan saat berpuasa akan menjadi memory yang dinanti-nanti setiap momen Ramadan.

Yang terpenting, nikmati setiap momen bersama anak dan jadikan waktu ngabuburit sebagai waktu yang bermanfaat bagi keduanya.

Kalau Bunda dan si Kecil di rumah paling suka kegiatan yang mana nih saat ngabuburit? Semoga aktivitas puasanya selalu lancar sebulan penuh dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT ya.

Bagikan Artikel