Artikel

Jangan Lupa, Si Kecil Mesti Dikenalkan Table Manner Sejak Dini

Post pada 22 Mei 2023

Perilaku yang baik di meja makan bisa diterapkan pada balita sejak dini. Selain menjadi kebiasaan baik kedepannya, table manner dipercaya bisa mengurangi tantrum balita yang sering datang di saat waktu makan.

Para ahli menjelaskan bahwa si kecil sudah bisa dididik disiplin dan memahami perilaku yang baik sejak berusia lima tahun. Tinggal level kesabaran dan konsistensi bunda saja. Maklum, si kecil ini punya swing mood yang suka berubah-ubah. Kadang kalem, di lain waktu marah dan rewel sampai ada acara mogok makan pula!

Meski begitu, si kecil memiliki rasa penasaran yang tinggi dan enerjik dalam keseharian. Dia sangat ingin  tahu di sekeliling dan berniat mengeksplorasi segala sesuatunya. Tengok deh, kapan dia bisa anteng dalam waktu lama? Banyak balita yang terbiasa makan sambil bermain, menonton televisi, berlari dan lain sebagainya.  

BACA: Si Kecil Berbuat Salah? Momen Ajarkan Cara Minta Maaf Sejak Dini

Bunda perlu tahu ada beberapa risiko buruk yang bisa terjadi apabila si kecil sering makan sambil berlari atau bermain. Berikut adalah cara agar si kecil tidak terbiasa makan sambil melakukan aktivitas lainnya, antara lain:

  Bunda sebaiknya memahami bahwa mengubah perilaku ini membutuhkan kesabaran dan usaha. Diskusikan rencana sikap Bunda kepada anggota keluarga, agar Bunda bisa lebih mudah dalam menerapkan perubahan secara konsisten.

  Bunda harus menjadi panutan yang baik bagi si kecil. Jangan biarkan si Kecil melihat Bunda makan sambil berjalan di rumah.

  Terapkan rutinitas makan si Kecil, ingatkan ia agar duduk dengan baik di meja dan melepaskan dirinya dari distraksi seperti mainan dan televisi. Jadi matikan televisi di saat jam makan.

  Jangan sampai terjadi perkelahian di ruang makan karena Bunda memaksa si Kecil untuk duduk di kursi makan. Bunda tetap harus fokus untuk membuat waktu makan yang menyenangkan.

  Bicara dengan si Kecil dengan cara yang lembut dan beralasan, jelaskan kenapa duduk di kursi makan saat makan adalah cara terbaik.

  Ajari si Kecil merapikan peralatan makan ke dapur setelah selesai dipakai.

Bunda sebaiknya konsisten, biasakan si kecil duduk saat sedang santap makan atau camilan.

Berikan pujian saat sudah menunjukan perubahan sikap seperti yang Bunda inginkan. Termasuk juga harus realistis dalam menerapkan waktu makan si kecil.

BACA: Pendidikan Moral bagi Anak Penting, Pastikan sudah Dipupuk di Rumah

Etika Meja Makan dan Balita

Mengawali didikan etika di meja makan pada anak usia prasekolah bisa dimulai dengan membuatnya merasa jam makan sebagai momen yang menyenangkan. Maka itu, sangat penting si kecil bersikap sopan selama di meja makan. Ajari dulu sikap sederhana dan paling dasar yang perlu diterapkan di meja makan, yakni:

–   Tidak boleh ada mainan di meja makan.

  Mencuci tangan sebelum menuju meja makan.

  Tidak melempar atau merebut makanan.

  Tidak membuang makanan.

  Tidak membanting alat makan.

  Tidak berteriak atau berlarian di sekitar ruang makan saat yang lain sedang makan.

  Mengucapkan kata “tolong” dan “terima kasih.”

  Meminta izin untuk meninggalkan meja makan setelah selesai makan.

  Mengajarkannya berterima kasih pada orang yang telah menyiapkan makanan

  Membantu membereskan piring dari meja makan ke tempat cuci piring (pastikan piring yang ia bawa tidak mudah pecah).

Terlihat sederhana ya bunda, tapi sekali lagi yang dihadapi adalah si kecil. Jadi kesabaran dan telaten jadi rumus penting mendidik table manner si kecil. Termasuk juga di sini saat dia menyantap camilan Pino Es Serut Buah. Meski bisa dikonsumsi di mana saja, tapi tetap ingatkan si kecil untuk membuang kemasan di tempat sampah. Lebih afdol lagi saat bunda menyantap Pino Es Serut Buah bersama, jadi langsung praktik di depan si kecil.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia

Bagikan Artikel