Artikel

Kenali Jenis Gangguan Makan Pada Si Kecil

Post pada 01 Jul 2023

Bicara pemenuhan asupan gizi anak sejak usia dini, bukan sekadar bicara ketersediaan makanan di rumah. Apalah artinya makanan bergizi tersedia di rumah tapi si anak enggan menyantapnya. Bahkan lebih suka menghindarinya.

Terlepas soal selera makan si kecil, bunda perlu juga mewanti-wanti si kecil berpotensi mengalami gangguan makan.  Masalah ganguan dalam makan jelas tidak bisa dianggap sepele karena ada dampak negatif bagi si kecil bila sampai mengalami malnutrisi. Mulai dari gangguan pertumbuhan, menurunnya kemampuan kognitif, imun tubuh bermasalah, dan lain-lain. 

BACA : Deretan Momen Spesial yang Bikin Anak Merasa Happy

 Alangkah baiknya bunda sudah mengenali berbagai gangguan makan pada si kecil sejak umur sedini mungkin. Misalnya seperti tipikal anak yang picky eater alias pilih-pilih makanan, tak suka makan sayur, sampai menolak makan. Ini sudah menjadi sinyal bunda perlu mewaspadai.

 Cuma jangan terlalu overthinking dulu. Yakinkan kalau setiap masalah pasti selalu ada cara mengatasi. Tinggal sesuaikan saja jurus di bawah ini dengan situasi yang dialami bunda saat anak emoh makan.

  1. Bikin suasana makan menyenangkan

 Pastikan kalau makan itu bukan sekadar ritual mengunyah makanan. Buatlah suasana yang membuat anak nyaman. Lebih bagus lagi bila anak banyak mendapatkan info baru dari makanan yang disantapnya. Bunda bisa berbagi cerita bagaimana makanan itu bisa hadir di meja makan. 

BACA : Jangan Panik Kalau si Kecil Malas Berolahraga, Coba Siasat Ini Bunda!

  1. Frekuensi ditambah

Kalau anak sudah enggan makan, langkah bijaknya adalah tidak memaksa. Lebih baik bunda menambah frekuensi waktu makan. Selain itu, bunda perlu pula memerhatikan pola makan si kecil, yakni kapan dia makan lahap dan kapan ogah-ogahan. 

  1. Selipkan sayur

Bisa jadi, sayur adalah jenis makanan yang dihindari si kecil. Tapi bukan berarti dibiarkan saja. Bunda bisa mensiasati dengan cara menjadikan ‘sayuran’ sebagai pembungkus makanan inti sehingga terlihat lebih menarik. 

  1. Makan bersama keluarga

Anak kecil suka keramaian. Begitupun saat jam makan tiba. Kehadiran ayah dan bunda di meja makan akan membuat si kecil juga akan turut nimbrung. Apalagi kalau melihat orangtuanya makan dengan lahap, si kecil pun akan ikut-ikutan. Ingat ya bunda kalau si kecil itu adalah peniru ulung.

BACA : Deretan Makna Ajak Anak Aktif di Hari Raya Idul Adha

  1. Libatkan si kecil saat siapkan makanan

 Melibatkan anak saat bunda menyiapkan makanan juga bisa menjadi jurus ampuh agar anak makan dengan lahap. Berikan dia tanggung jawab untuk mencuci bahan makanan, memilah sayuran, dan kegiatan lain yang ringan. Selain membuat anak aktif, melibatkan anak saat menyiapkan makan juga menjadi kenangan manis buat si kecil.

Bisa jadi, anak emoh makan karena merasa itu sekadar kegiatan berulang yang membosankan. Ketika sejak awal sudah menyadari ini, bunda dapat langsung merespons yang tepat sekaligus kreatif bagaimana menciptakan atmosfir makan yang menyenangkan. Selain itu, bunda dapat menawarkan Pino Es Serut Buah sebagai makanan penutup. Dengan aneka rasa buah-buahan, Pino Es Serut Buah juga kaya akan vitamin. Acara makan-makan bakal makin seru dengan menjadikan Pino Es Serut Buah sebagai dessert.

 Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel