Artikel

Menggambar Jadi Cara si Kecil Berkomunikasi dan Bereskpresi

Post pada 23 Nov 2023

Namanya saja anak kecil, wajar bila penguasaan kosa katanya masih terbatas. Jadi tidak heran si kecil akan terbatas dalam mengekspresikan diri ke orang lain lewat kata-kata. Tapi lain halnya dengan komunikasi melalui gambar yang justru si kecil akan lebih mudah mengekspresikan pikiran dan perasaannya.

Itulah alasan mengapa pakar parenting menganjurkan bunda untuk memerhatikan gambar yang dibuat anak. Berbarengan dengan itu, menggambar juga menjadi cara mendukung kesehatan mental pada anak. Praktis, sangat penting untuk memberi ruang pengasuhan bagi anak dengan mendorongnya membuat karya seni melalui aktivitas menggambar.

Kenapa Bunda Perlu Pertimbangkan Merayakan Hari Ulang Tahun Anak?

Menggambar akan membantu anak-anak mengekspesikan perasaannya. Lewat gambar, anak seolah-olah ingin memberi pesan yang kemungkinan besar akan sulit dilakukan melalui komunikasi verbal.

Lantas bagaimana caranya agar si kecil dapat mengekspresikan perasaannya melalui gambar? Ayo bunda teruskan membacanya!

Beri ruang

Ada kalanya si kecil menuntut ruang khusus untuk menggambar. Di sisi lain, kadang aktivitas menggambar ini akan bikin ruangan menjadi berantakan. Krayon di mana-mana, pensil, kertas, dan alat gambar lainnya.

Biar dia tetap khusyuk dengan aktivitas menggambar, sebaiknya bunda memberi ruang khusus. Misalnya di pojok kamarnya. Dengan demikian, kegiatan si kecil ini tidak mengusik bunda dan bisa meminimalisir rumah jadi berantakan.

Atau bisa juga opsi membuatkan dinding khusus untuk anak menggambar di rumah. Usahakan menggunakan cat tertentu yang membuat bunda menghapus coretan gambar di dinding rumah.

Hargai anak

Dunia anak adalah dunia imajinasi. Jadi jangan heran kalau si kecil menggambar mobil tapi dengan begitu banyak roda. Atau membuat gunung dengan kelir warna-warni. Biarkan saja dan beri kebebasan bagi anak untuk menggambar apa pun yang disukai.

Ketahui Bun, Alasan si Kecil Lebih Suka Coret-coret Dinding Rumah

Dari sini, bunda dapat mengenal kepribadian si kecil. Selain itu, bunda juga bisa belajar daya nalar dan daya tangkap si kecil terhadap lingkungannya.

Jangan lupa untuk mengapresiasi

Si kecil bakal sangat hepi kalau karyanya diapresiasi bunda. Entah itu lewat ekspresi senyuman atau belaian hangat di kepala si kecil. Itu akan membuat si kecil merasa eksistensinya diakui. Bentuk apresiasi lainnya bisa bunda lakukan dengan menghadiahkan Permen Susu Milkita Bites. Produk PT United Family Food ini merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

Bagikan Artikel