Artikel

15 Rekomendasi Buku Parenting Wajib Dibaca Orang Tua Masa Kini

Post pada 23 Apr 2024

Buku adalah salah satu sumber pengetahuan untuk kita semua, termasuk pengetahuan tentang parenting dan perkembangan anak untuk Bunda dan Ayah. Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia atau tepatnya Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia tanggal 23 April ini, kami akan berikan rekomendasi buku parenting dan juga buku perkembangan anak yang wajib Bunda dan Ayah baca. 

Namun sebelum memberikan rekomendasi buku parenting dan perkembangan anak, kenapa sih Bunda dan Ayah perlu membaca dan mempelajari parenting dari buku-buku ini? 

Pentingnya Ilmu Parenting untuk Orang Tua

Parenting adalah berbagai hal yang berkaitan dengan cara mendidik dan mengasuh anak. Asosiasi Psikologi Amerika (APA) mengungkapkan bahwa pada dasarnya parenting mempunyai tiga tujuan utama. Tujuan tersebut bermaksud untuk memastikan kesehatan dan juga keselamatan anak-anak, mempersiapkan mereka supaya bisa tumbuh produktif, dan menurunkan nilai-nilai budaya.

Di era digital seperti sekarang ini, si Kecil dapat memperoleh informasi lebih cepat dan dapat membuat perkembangan emosi si Kecil menjadi lebih labil. Karena itulah penting bagi orang tua, Bunda dan Ayah, untuk memahami pola asuh dan parenting yang tepat untuk si Kecil. 

Baca juga: Tren Pola Asuh Anak – Mana yang Cocok untuk Bunda?

Pola asuh yang tepat dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan si Kecil ke arah yang tepat. Untuk itu, penting bagi Bunda dan Ayah mengerti ilmu parenting. Nah, Bunda dan Ayah dapat memperolehnya dari pengalaman orang tua dan sumber lainnya, seperti buku parenting dan perkembangan anak. 

15 Rekomendasi Buku Parenting dan Perkembangan Anak yang Perlu Bunda dan Ayah Baca

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi buku parenting dan perkembangan anak yang Bunda dan Ayah dapat baca untuk menambah pengetahuan mengenai pola asuh dan juga perkembangan anak. 

1. How to Deal With Your Child

rekomendasi buku parenting dan perkembangan anak yang wajib dibaca orang tua

Buku parenting How to Deal With Your Child karya Hanile Muliani, M. Psi. ini mengingatkan Bunda dan Ayah bahwa hubungan antara orang tua dan anak akan selalu berubah atau berkembang. Janganlah terlalu fokus pada hal-hal seperti prestasi atau pencapaian si Kecil saja, namun juga perhatikan kedekatan dengan si Kecil. 

2. The Montessori Toddler

Buku ini adalah salah satu langkah untuk mengasuh balita serta menambah pengetahuan mengenai metode montessori. Sesuai dengan judulnya, buku yang satu ini akan mengajak para pembaca untuk mengetahui langkah yang tepat mengasuh balita dengan metode montessori. Buku ini diawali dengan memahami balita, mengenal Montessori, sampai mengenal sekolah Montessori sebagai salah satu langkah bersiap masuk prasekolah.

3. The Big Disconnect: Protecting Childhood and Family Relationships in the Digital Age

Rekomendasi buku parenting The Big Disconnect: Protecting Childhood and Family Relationships in the Digital Age ini menawarkan pandangan untuk membantu orang tua memahami secara tepat dan bijaksana cara menyikapi keterlibatan teknologi dalam keluarga.

rekomendasi buku parenting dan perkembangan anak yang wajib dibaca orang tua

4. Sentuhan Parenting

Buku parenting Islami karya Budi Ashari dirancang untuk orang tua dari keluarga muslim yang ingin mendidik anak berdasarkan syariat Islam. Sentuhan Parenting terdiri dari tujuh bab yang akan membahas tentang cara menghadirkan potret keluarga generasi terbaik. Selain itu, buku parenting bernuansa Islam ini juga dilengkapi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pembahasan yang sedang dijelaskan.

5. Seni Berkomunikasi Menanggapi Pertanyaan Anak yang Sulit Dijawab Orangtua

Lewat buku parenting satu ini, Bunda dan Ayah akan belajar bagaimana caranya menjawab pertanyaan anak. Memahami bagaimana jawaban yang asal-asalan akan merugikan perkembangan pola berpikir logis anak. 

Buku ini akan menguraikan seni berkomunikasi dengan anak, mulai dari bagaimana cara menguasai dan menjawab pertanyaan anak yang sulit, memahami betapa pentingnya menjawab pertanyaan anak dengan bijaksana, dan yang terpenting mendapatkan inspirasi bagaimana cara menjawab pertanyaan yang tepat sesuai kategori usia perkembangan anak.

rekomendasi buku parenting dan perkembangan anak yang wajib dibaca orang tua

6. Seni Menjadi Orang Tua Hebat

Buku ini dengan tepat menghadirkan cara-cara kunci untuk membantu para orang tua membentuk kembali tingkah laku anak-anaknya yang menantang, menciptakan ikatan keluarga yang kuat, serta membimbing anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bahagia, baik hati, dan bertanggung jawab.

Ahli psikologi Erica Reischer mengambil dari riset dan pengalaman klinis untuk mencari informasi paling bermanfaat tentang seni dan sains parenting menjadi 75 cara sederhana untuk membesarkan anak-anak yang bertumbuh dengan contoh nyata, kiat berguna, dan sarana-sarana yang dapat segera diaplikasikan oleh para orang tua.

Baca juga: Cara Mengenalkan Lingkungan agar Anak Peduli Lingkungan

7. Parenting 4.0: Mendidik Di Era Digital

Buku Parenting 4.0 ini mengulas berbagai hal tentang generasi Z, khususnya mengenai pengasuhan dan juga pendidikan yang ideal untuk merek. Buku yang satu ini juga membahas mengenai peran orang tua dan juga pendidik dalam memaksimalkan potensi anak-anak. Produk ini sangat wajib Anda miliki, khususnya untuk Anda yang mempunyai anak generasi Z dan ingin menerapkan modern parenting.

8. Ayah Edy Menjawab

Ayah Edy Menjawab adalah salah satu buku parenting best seller yang membahas tentang berbagai pertanyaan mengenai masalah yang seringkali dialami oleh orang tua. Dengan membaca buku parenting ini, Bunda dan Ayah akan menjadi tahu berbagai permasalahan tentang menjadi orang tua dan cara menyelesaikannya.

9. Because This Is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permainan Anak 0-24 Bulan

Rekomendasi buku parenting selanjutnya adalah Because This Is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permainan Anak 0-24 Bulan. Sesuai dengan judulnya, buku ini dapat menjadi acuan bagi para ibu-ibu muda yang memiliki anak usia hingga 2 tahun. Buku ini berisi tentang panduan lengkap untuk calon orang tua baru dan pengetahuan yang akan didapat bagi para orang tua baru.

Baca juga: Kenali Karakter Generasi Alpha

10. Akur

Kunci pada suatu keharmonisan keluarga adalah keakuran. Akan tetapi, tidak semua orang memahami konsep akur yang hadir di dalam kehidupan sehari-hari kita. Melalui buku ini, penulis ini menerangkan konsep keakuran yang sebenarnya sangat dekat dengan keseharian kita. Melalui latar belakang ilmu komunikasi yang diembannya, penulis memberikan konsep komunikasi ideal, agar terciptanya interaksi harmonis dan akur di dalam keluarga

11. Happy Little Soul

rekomendasi buku parenting dan perkembangan anak untuk orang tua masa kini

Happy Little Soul berisi tentang pengalaman Retno Hening sebagai seorang ibu yang sedang membesarkan anaknya yang bernama Kirana. Di bagian awal buku ini, Anda akan memperoleh pengetahuan seputar masa kehamilan, melahirkan, sampai menyusui bayi. Berikutnya, akan tersaji cerita mengenai bagaimana cara berkomunikasi, kerja sama, dan juga saling memahami antara orang tua dan anak.

Buku untuk orang tua yang satu ini menjelaskan tentang bagaimana membuat aktivitas belajar dan bermain anak supaya tidak membosankan. Dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan penuh warna, Anda pasti tidak akan mudah merasa bosan ketika membaca buku parenting yang satu ini.

12. Minimalist Parenting

Buku yang satu ini merangkum gaya parenting dengan pendekatan minimalis. Mulai dari bagaimana cara membuat anak bermain dengan senang tanpa mainan yang berlimpah, bagaimana cara merubah persepsi kita mengenai pendidikan dan berbagai kursus yang membebankan, dan lain sebagainya. Dengan buku ini, kita dapat menikmati indahnya mengasuh anak tanpa adanya embel-embel berlebihan, namun hidup yang lebih sederhana demi anak serta keluarga yang lebih bahagia.

13. Parenting Santuy: Mengurus Anak Tanpa Ribet

Sebagai orang tua, kita selalu terobsesi untuk memberi lebih pada anak-anak kita; lebih banyak mainan, lebih banyak makanan, termasuk juga perlindungan yang lebih. Padahal, obsesi semacam itu justru menggiring kita untuk menjalani kesia-siaan yang merepotkan. Untuk apa banyak mainan kalau yang anak kita butuhkan adalah kehadiran orang-orang yang ia cintai?

Baca juga: Tips Parenting: Cara Mengatasi Anak Picky Eater

Untuk apa perlindungan yang berlebihan kalau itu hanya akan membuat anak kita jadi manja? Intinya, jangan terlalu berlebihan. Seperti yang Denaye Barahona sampaikan dalam buku ini, kita bisa jadi orang tua santuy yang membahagiakan anak-anaknya dengan cara yang simpel dan tidak merepotkan.

14. The Book You Wish Your Parents Had Read

rekomendasi buku parenting dan pengembangan anak yang perlu dibaca orang tua

Dalam buku The Book You Wish Your Parents Had Read ini, penulis yaitu Philippa Perry membagikan beberapa wawasan sekaligus tips yang dapat membantu orang tua untuk memahami bagaimana cara pengasuhan orang tua di masa lalu, yang tentu saja dapat memengaruhi pola asuh anak.

Membahas pula bagaimana cara orang tua menangani perasaannya sendiri, sekaligus menangani perasaan anak. Sebab, orang tua tidak akan mampu menenangkan hati anaknya, apabila hatinya belum tenang terlebih dahulu bukan?

15. Revolutionary Parenting

Buku karangan George Barna ini, mengungkapkan kepingan demi kepingan puzzle yang disusun dan dijadikan panduan untuk membesarkan dan mendidik anak. Pola asuh yang diterapkan di buku ini menggunakan pola asuh para pengikut Kristus yang memiliki prinsip teguh, tidak tertekan oleh situasi dan kondisi apa pun yang terjadi di sekitarnya.

Nah, itu dia rekomendasi buku parenting dan perkembangan anak yang Bunda dan Ayah dapat baca untuk menambah ilmu seputar parenting dan juga perkembangan anak. 

Ada baiknya, Bunda dan Ayah berdiskusi lebih dulu mengenai buku parenting mana yang akan dibeli dan dibaca bersama, karena parenting kan tanggung jawab bersama antara Bunda dan Ayah. Nah, pas baca bukunya, jangan lupa untuk siapkan camilan kesayangan, Milkita Bites yang Bunda dan Ayah dapat beli di official store Unifam di Shopee dan Tokopedia ya. 

Yuk, perluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca buku parenting dan perkembangan anak, agar si Kecil pun tumbuh dengan baik dan jadi kebanggaan keluarga. Bunda dan Ayah ada rekomendasi buku parenting lainnya?

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel