Artikel

Bunda, Yuk Kenal Lebih Dekat Ciri-ciri Sekolah Ramah Anak 

Post pada 17 Jul 2023

Kalau bunda mencarikan sekolah untuk si kecil, apa yang jadi pertimbangan? Apakah dekat dengan rumah, terkenal sebagai sekolah berprestasi, biaya terjangkau? Mungkin kalau ditulis, daftarnya cukup panjang. Dari semua itu, jangan lupakan kalau sekolah yang diincar harus ramah anak!

Kenapa penting? Sekarang bunda perhatikan pemberitaan di media. Belakangan ini banyak muncul kasus perundungan antarpelajar, kekerasan, sampai pelecehan. Pemberitaan itu pasti bikin khawatir dong sehingga mengeneralisir kalau sekolah itu jadi tempat yang kurang aman untuk anak.

Inilah yang jadi alasan bunda perlu mempertimbangkan Sekolah Ramah Anak (SRA). Dikutip dari SIGA Kemenppa, Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya.

BACA : Sopan Santun adalah Keterampilan Sosial yang Wajib si Kecil Kuasai

Tak hanya itu, Sekolah Ramah Anak turut mendukung partisipasi anak dalam lingkup perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak sekaligus perlindungan anak di pendidikan.

Biar mudah menilai apakah suatu sekolah sudah memenuhi standar Sekolah Ramah Anak, yuk ketahui bersama seperti yang ditulis Ratnasari Diah Utami, dkk, dalam jurnal Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar (2017).

Sikap terhadap siswa

Pertama adalah sikap terhadap siswa di mana terciptanya perlakuan adil terhadap siswa laki-laki dan perempuan, cerdas dan kurang cerdas, kaya miskin, dan lain-lain. Termasuk juga dalam penerapan norma agama, sosial, dan budaya.

Dari sisi interaksi, sangat kuat dalam hal kasih sayang kepada siswa, memberikan perhatian bagi mereka yang lemah dalam proses belajar karena memberikan hukuman fisik maupun nonfisik dapat membuat anak trauma. Tingginya rasa saling menghormati hak-hak anak, baik antar siswa, antar tenaga, kependidikan serta antara tenaga kependidikan dan siswa.

Metode Pembelajaran

Bunda bisa mencari into seputar metode pembelajaran yang diaplikasikan di sekolah. Ini menjadi penting agar siswa merasa senang dan minat yang tinggi mengikuti pembelajaran. Siswa tidak merasa takut, cemas, atau terintimidasi saat di kelas. Selain itu, metode pembelajaran yang tepat dapat memancing siswa aktif dan kreatif.

BACA : Deretan Momen Spesial yang Bikin Anak Merasa Happy

Di sini, guru akan bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, proses belajar tidak terus menerus di kelas tapi juga di luar kelas sehingga lebih variatif dan jauh dari kata monoton.

Dukungan Media Ajar

Sekolah juga memiliki fasilitas media ajar sebagai penunjang proses pembelajaran. Artinya, sekolah itu punya alat peraga yang dapat berupa kelengkapan buku-buku sampai ala bantu ajar yang dapat memudahkan siswa menyerap ilmu. Selain itu, guru dalam memberi pengajaran lebih mengedepankan posisi sebagai fasilitator yang dapat memancing daya kreatif anak untuk mencari solusi dalam suatu persoalan.

Pelibatan siswa

Sekolah ramah anak juga mengedepankan pelibatan siswa dalam aktivitas untuk pengembangan kompetensi dan minat. Secara nyata, prinsip ini dapat dilihat dalam proses belajar mengajar melalui pendekatan melalui demo, praktik, dan learning by doing.

Penataan dan Lingkungan kelas

Siswa juga diajak terlibat aktif dalam penataan kelas seperti mendekorasi ruang, kursi dan meja, dan sejenisnya. Di samping itu, siswa juga diberi ruang untuk menyampaikan pendapat seputar lingkungan kelas yang sesuai dengan gagasannya. Lebih jauh lagi, sekolah juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan, sanitasi, tempat cuci tangan, yang disesuaikan dengan postur dan usia anak.

Nah, sudah pastinya sekolah dengan ciri-ciri ramah anak ini yang jadi pilihan bunda. Satu lagi, coba ajak si kecil untuk turut memberi penilaian calon sekolah yang akan menjadi tempatnya mencari ilmu. Jangan lupa, interaksi asyik bareng si kecil ini makin sempurna bila ditemani Pino Es Serut Buah. Selain kaya akan vitamin, rasa segar Pino Es Serut Buah  dapat membuat suasana makin seru bareng si kecil.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel