Artikel

Segudang Manfaat Anak Tekuni Fotografi, Tak Sekadar Pancing Kreativitas

Post pada 14 Jul 2023

Mainan ponsel sudah jadi rutinitas yang sulit dipisahkan dari anak. Ponsel memang bikin candu. Sudah begitu, aplikasi game di ponsel luar biasa banyaknya. Meski ada pro dan kontra terkait anak mainan ponsel, tapi di tangan bunda yang cerdas, gadget satu ini bisa jadi media beraktivitas yang menyenangkan.

Apa itu? Fotografi! Yup, fotografi tidak melulu menjadi hobi orang dewasa. Bunda bisa saja mengenalkan si kecil pada hobi ini lewat ponsel.

Sudah tahu bukan, ponsel zaman sekarang sudah dibekali kamera yang mumpuni. Sayang kalau fitur ini tidak dimanfaatkan untuk mengenalkan hobi fotografi pada anak. Selain melatih ketajaman insiting, ada banyak manfaat yang si kecil rasakan dalam aktivitas fotografi. Ayo bunda ketahui lebih lanjut. 

  1. Bikin percaya diri

Fotografer asal Kanada, Diana Nazarateh, membuka kursus fotografi khusus untuk anak-anak. Dia berpendapat, fotografi akan membuat anak mampu menyampaikan suara dan pandangannya dengan cara yang berbeda. Ini akan menjadikan anak lebih percaya diri karena foto dapat mewakili pesan yang ingin disampaikan anak.

BACA : Deretan Momen Spesial yang Bikin Anak Merasa Happy 

  1. Bangun ketrampilan perencanaan

 Fotografi bukan aktivitas asal jepret-jepret saja, tapi membutuhkan perencanaan. Mulai dari mempersiapkan teknis kamera ponsel, lokasi yang menjadi target pemotretan, dan waktu yang tepat untuk mengabadikan. Tentu saja ini akan melatih si kecil terampil menyusun rencana.

  1. Belajar presentasi

Begitu menjepret objek tertentu, si anak secara tak sadar akan menceritakan aktivitasnya. Mulai dari proses menentukan objek yang difoto, waktu, sampai ponsel yang digunakan. Secara tak langsung, kegiatan ini membuat anak belajar mempresentasikan hasil foto ke bunda atau orang lain. 

  1. Kreatif

Fotografi adalah kegiatan yang merangsang kreativitas. So, si kecil pun juga begitu. Dia bisa bereksperimen dengan cahaya, angle, sampai menata objek yang difoto. Sudah pasti, bunda akan senyum-senyum sendiri melihat si kecil begitu bersemangat. 

  1. Melatih komunikasi

 Objek yang jadi target foto tidak hanya benda mati atau mainan saja, tapi bisa bunda atau siapa pun. Di sini, dia akan melatih kemampuan komunikasinya dalam mengarahkan pose maupun gaya.

BACA : Sopan Santun adalah Keterampilan Sosial yang Wajib si Kecil Kuasai

  1. Kenal dengan teknologi

 Lewat fotografi, si kecil sudah bersentuhan dengan teknologi kamera dalam ponsel. Dia akan belajar apa itu diafragma, shutter speed, lensa tele maupun zoom, dan lain-lain. Secara langsung dia sudah mengenal teknologi itu secara praktik, bukan lagi teoritis.

  1. Menekan stres

 Kegiatan fotografi bisa menjadi siasat jitu meredakan stres pada anak. Kenapa? Karena dia akan fokus pada aktivitas fotografi ketimbang masalah yang membebaninya. Pikirannya lebih banyak dihabiskan untuk mengambil foto bagus ketimbang yang lain.

Bagaimana bunda? Setuju kan kalau anak belajar fotografi. Tawarkan dia untuk eksplorasi kamera ponsel. Selain tetap mendampingi, jangan lupa siapkan Pino Es Serut Buah buat camilan yang tepat saat si kecil sibuk mengeksplorasi kamera ponsel. Lagi pula, Pino Es Serut Buah bisa juga kok jadi objek foto. Tantang si kecil bikin iklan Pino Es Serut Buah!

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

 

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel