Artikel

Trik Kenalkan Konsep Matematika sejak Anak Usia Dini

Post pada 14 Jul 2023

Matematika adalah pelajaran yang merangsang anak berpikir menggunakan logika. Selain itu, matematika juga sebenarnya menjadi pelajaran yang menantang bagi anak. Tapi, filosifi dasar matematika ini tak semua anak setuju. Bisa jadi, sebagian anak merasa kesulitan dan trauma dengan pelajaran matematika.

Apalagi ketika anak beranjak masuk sekolah, maka pelajaran matematika makin kompleks. Tidak lagi sekadar menambah atau mengurangi saja. Nah, biar anak tidak menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menakutkan, maka peran bunda penting di sini. Sejak dini, anak perlu dikenalkan konsep matematika dengan cara yang tepat sekaligus menyenangkan. Berikut siasatnya. 

  1. Kenalkan Angka

Anak akan lebih cepat menangkap soal angka saat tahu bentuk angka itu saat dituliskan. Bunda bisa mengenalkan lewat angka-angka di kartu. Lalu bikin permainan sambil bernyanyi-nyanyi. Selain itu, tantang anak untuk menyebutkan angka yang ditemui saat di jalan. Misalnya nomor plat kendaraan, nomor rumah, dan lain-lain. Bagaimana pun, mengenal angka adalah dasar paling utama dari pelajaran matematika.

  1. Berhitung bersama

 Bunda tidak perlu menyiapkan banyak hal saat mengajak si kecil berhitung bersama. Cukup dimulai dari hal-hal kecil dari keseharian. Sebut saja menghitung jumlah piring di meja makan, jumlah anak tangga dan sebagainya. Atau bisa pula melalui camilan seperti Permen Susu Milkita Bites. Ajak si kecil berhitung bersama berapa butir Permen Susu Milkita Bites dalam satu kemasan.

BACA : Sopan Santun adalah Keterampilan Sosial yang Wajib si Kecil Kuasai

  1. Penerapan di aktivitas harian

 Banyak aktivitas harian yang dapat membuat si kecil ikut berhitung. Misalnya saja saat mengajak anak ke pasar atau supermarket. Ketika transaksi, ajak anak untuk terlibat. Setidaknya cara ini akan membuat anak tertarik dengan aktivitas hitung-berhitung. Di sini, si kecil akan menilai bila matematika bukan terbatas sebagai pelajaran di sekolah semata.

  1. Ngobrol ringan

Ngobrol ringan bisa jadi media anak belajar matematika. Dibuat simpel saja dengan mengajukan pertanyaan yang mengundang anak untuk menyelesaikan masalah. Misalnya ngobrol kalau lima bungkus Permen Susu Milkita ditambah dua bungkus lagi maka berapa hasilnya. Ngobrol ringan secara tak langsung membuat suasana nyaman bagi anak sehingga dia tak merasa sedang diajari. 

  1. Membuat bentuk

Anak akan lebih cepat menangkap angka bila disodorkan bentuk. Bunda bisa coba menerapkan ide dengan membuat kue berbentuk angka. Dorong anak juga terlibat dalam proses pembuatan kue sehingga dia akan mudah memahami deretan angka tersebut. Atau bisa pula dengan bantuan mainan edukatif.

BACA : Deretan Momen Spesial yang Bikin Anak Merasa Happy

  1. Penyortiran

Mengajarkan anak untuk menyortir benda-benda yang serupa dan berbeda juga menjadi aktivitas yang mengenalkan matematika. Dia akan belajar konsep hitung-hitungan dan pengelompokkan yang sederhana.

Setidaknya dari setiap aktivitas harian yang dilakukan bersama, si kecil perlahan akan memahami hidup itu tak lepas dari peran matematika. Tentu saja, proses mengenalkan konsep matematika mesti disesuaikan dengan si kecil. Bunda bertugas selalu terus mengeksplorasi cara yang tepat agar anak dapat meningkatkan keterampilan matematikanya.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel