Artikel

9 Ide Kegiatan Liburan Sekolah yang Murah Meriah di Rumah

Post pada 14 Jun 2024

Bunda, liburan sekolah sebentar lagi tiba, bagaimana apakah sudah merencanakan kegiatan liburan bersama si kecil?

Libur sekolah adalah waktu yang sangat dinantikan oleh anak-anak. Pasalnya, anak-anak bisa bebas bermain dan refreshing dari penatnya aktivitas di sekolah. Biasanya mereka sudah memiliki keinginan melakukan aktivitas yang seru untuk mengisi hari liburan sekolahnya. 

Bunda dan Ayah juga dapat memanfaatkan momen liburan sekolah ini untuk mempererat hubungan alias bonding dengan si Kecil. Nah, untuk itu, Bunda dan Ayah, sebagai orang tua, dapat membuat rencana agar anak-anak bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat selama liburan sekolah.

Tips Menentukan Kegiatan Liburan Sekolah Bersama Anak

Dalam merencanakan kegiatan liburan sekolah, ada baiknya Bunda menerapkan beberapa tips berikut agar acara keluarga nanti jadi momen keluarga yang diingat si Kecil. 

1. Buat Daftar Kegiatan yang Akan Dilakukan

Buat daftar kegiatan yang menurut Bunda dan Ayah bisa bermanfaat untuk mengisi waktu liburan si kecil

2. Diskusi dengan si Kecil

Diskusikan dengan si kecil, kegiatan apa saja yang ingin dilakukan si kecil saat libur sekolah. Agar waktu liburnya bisa dimanfaatkan dengan baik dan sesuai dengan keinginannya.

3. Sesuaikan dengan Budget 

Apabila akan mengadakan kegiatan yang sekiranya mengeluarkan biaya, harus disesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Selain 3 tips di atas, salah satu yang perlu Bunda lakukan juga adalah memberi pemahaman kepada si Kecil, kenapa liburan sekolah kali ini harus melakukan kegiatan-kegiatan yang Bunda dan Ayah rencanakan. Ajak si Kecil memanfaatkan liburan sekolah menjadi waktu untuknya mengembangkan kemampuan motorik, sensorik dan juga sosial mereka dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. 

Baca juga: Cara Membangun Komunikasi Antar Keluarga – No.4 Wajib Dilakukan!

9 Ide Kegiatan Murah Meriah di Rumah Saat Libur Sekolah

Liburan seringkali identik dengan jalan-jalan ke luar kota. Namun, sebenarnya, banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan di sekitar rumah, yang tidak kalah menarik untuk menghabiskan saat liburan sekolah.

Ini dia beberapa kegiatan menarik dan murah meriah yang bisa kita lakukan bersama si kecil saat libur sekolah.

1. Olahraga

ide kegiatan liburan sekolah murah meriah di rumah

Ide liburan keluarga murah yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi juga menjadi waktu dan kegiatan terbaik untuk mempererat hubungan keluarga.

Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah lari, sepeda, bulu tangkis, sepak bola, atau bentuk olahraga lainnya. Sembari merenggangkan otot-otot tubuh yang mulai kaku, kegiatan olahraga juga menjadi waktu yang tepat untuk mengenal anak lebih dekat. Hal ini juga dapat membantu pertumbuhan motorik si Kecil

2. Belajar Masak Bersama

Masak menjadi salah satu aktivitas yang menarik dilakukan bersama keluarga di hari liburan. Bunda bisa ajak si kecil untuk masak makanan kesukaannya bersama-sama. Kegiatan ini bisa membuat suasana rumah berantakan, tapi hal itu sepadan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Dari kegiatan memasak ini, Bunda bisa memberikan banyak contoh yang baik kepada anak, mulai dari memperkenalkan jenis-jenis sayuran, cara memasak yang benar, manfaat kebiasaan gaya hidup sehat, dan masih banyak lainnya.

Dengan masak bersama bisa melatih kemandirian anak, kemampuan memasak ini bisa dipergunakan sampai nanti anak dewasa.

3. Bersih-bersih Rumah

Kegiatan bersih-bersih rumah mungkin terdengar kurang menyenangkan, tetapi kita bisa mengajak si kecil untuk bersih-bersih dan beres-beres rumah bersama. Kita bisa menata ulang dekorasi kamar agar si kecil tidak merasa bosan, dan mendapat suasana baru.

Hal ini juga salah satu cara untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab si kecil, karena membersihkan dan membereskan rumah adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki semua orang.

ide kegiatan liburan sekolah murah meriah di rumah
Memasak bisa jadi kegiatan liburan sekolah menyenangkan loh Bunda.

4. Berkebun

Aktivitas menarik yang satu ini sangat cocok untuk Bunda yang senang berkebun. Aktivitas berkebun ini tidak memerlukan biaya yang banyak, Bunda hanya perlu menyiapkan bibit tanaman, pupuk kandang atau peralatan berkebun saja.

Kegiatan berkebun juga menyehatkan tubuh karena Bunda dan si Kecil bisa menghirup udara segar yang dapat melepaskan serotonin di otak. Selain itu, kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan jenis-jenis tumbuhan, cara merawat, dan pentingnya tanaman bagi kehidupan pada anak-anak.

Selain mengisi waktu luang saat liburan , berkebun ini bisa menjadi media belajar si kecil tentang Ilmu Pengetahuan Alam. 

Baca juga: Cara Mengenalkan Kepedulian Lingkungan Pada Anak Sejak Dini

5. Kegiatan Sosial

Waktu liburan biasanya dilakukan dengan mengisi kegiatan atau aktivitas untuk kepentingan pribadi. Agar tidak monoton, Bunda bisa mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan sosial. Kegiatan ini cukup seru dan mengasyikkan dilakukan bersama keluarga. Selain memberikan manfaat besar untuk lingkungan dan sosial, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan sisi kemanusiaannya.

6. Pergi ke Taman

Jalan-jalan santai sambil melakukan kegiatan seru di taman menjadi salah satu ide liburan cukup menyenangkan dilakukan. Terlebih lagi jika di daerah dekat rumah tersedia taman yang bisa dikunjungi oleh publik. Selain gratis, si kecil juga bisa mengajak teman-temannya untuk bermain dengan bebas agar lebih seru. 

7. Wisata Kuliner

Sesekali Bunda bisa mengajak keluarga pergi makan bersama di luar. Pasti si Kecil senang diajak makan ke tempat favoritnya, bagi anak yang suka malas makan, makan dengan suasana berbeda bisa membangkitkan semangatnya untuk makan. Untuk memutuskan tempat makan yang menarik, Bunda dapat menonton rekomendasinya di YouTube ataupun meminta rekomendasi dari orang sekitar Bunda. 

ide kegiatan liburan sekolah murah meriah di rumah
Mumpung libur, ajak si Kecil berenang sebagai kegiatan libur sekolah mereka.

8. Pergi ke Kebun Binatang

Apakah si  kecil menyukai binatang? Jika ya, coba ajak mereka pergi ke kebun binatang. Kebun binatang menjadi salah satu destinasi wisata keluarga menarik untuk dikunjungi bersama. Selain melihat tingkah laku hewan yang menggemaskan, mereka bisa melihat hewan favoritnya secara langsung, dan mempelajari kehidupan satwa-satwa liar.

Baca juga: Rekomendasi Akun Sosial Media tentang Parenting untuk Orang Tua

9. Wisata Air

Bermain air adalah salah satu kegiatan favorit anak-anak. Bunda bisa mengajak si kecil untuk berenang di kolam renang biasa , waterpark atau ke pantai. Saking senangnya bermain air, anak-anak biasanya sering lupa waktu hingga tidak mau diajak pulang. Bermain di air pun bisa jadi kesempatan Bunda untuk melakukan stimulasi tumbuh kembang si Kecil loh. 

Itu dia 9 ide kegiatan liburan sekolah murah meriah yang dapat Bunda lakukan bersama si Kecil di masa libur panjang ini. Selain aktivitas di atas, Bunda juga dapat menyisipkan kegiatan baca buku bersama, nonton film keluarga bersama dan kegiatan seru bersama keluarga lainnya loh. Nah, Bunda sendiri sudah memiliki rencana liburan belum?

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel