Artikel

11 Rekomendasi Channel Youtube yang Cocok ditonton Bersama Keluarga

Post pada 29 Apr 2024

Tidak bisa dipungkiri, saat ini menonton Channel Youtube sudah menjadi Lifestyle yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tua muda, bahkan anak-anak pun tidak luput menjadi penikmat channel youtube.

Selain banyak informasi dan tontonan menarik yang bisa kita nikmati salah satu kelebihan Youtube ini adalah bisa dinikmati secara gratis tanpa berbayar. Hampir semua informasi yang kita butuhkan ada di Youtube, mulai dari resep masakan, tutorial make up, ilmu parenting, kartun, dan masih  banyak lagi channel yang bisa kita nikmati di YouTube.

Baca juga: Rekomendasi Film Inspiratif untuk Ditonton Bersama Anak

Meskipun banyak sekali channel yang bisa kita nikmati dengan bebas, tapi Bunda harus tetap selektif memilih tontonan yang cocok untuk si Kecil dan keluarga. Karena tidak sedikit juga channel yang menayangkan hal-hal yang belum cocok untuk usia tertentu. 

Kriteria Channel Youtube yang Cocok untuk Ditonton Anak dan Keluarga: 

Dalam memilih channel YouTube yang cocok untuk ditonton anak dan keluarga bersama-sama, ada beberapa kriteria yang Bunda dapat gunakan dalam filternya, antara lain: 

rekomendasi youtube channel untuk anak

Memuat Edukasi

Selain menghibur, poin yang harus kita lihat adalah edukasi untuk si Kecil. Bisa edukasi tentang kebiasaan baik atau tentang pelajaran agar si Kecil tidak bosan. Hal ini juga dapat membantu perkembangan si Kecil juga loh Bunda. 

Tidak Menampilkan Kekerasan

Anak-anak biasanya akan meniru apa yang dia lihat, sehingga penting untuk Bunda menghindari channel yang berisi kekerasan karena khawatir si Kecil akan meniru tindakan tersebut. Termasuk di dalam kriteria ini adalah channel yang membahas game yang berisikan kekerasan. 

Baca Juga: Cara Mencegah Anak Menjadi Pelaku Bullying

Bukan Channel Prank

Saat ini banyak sekali channel yang memuat prank sebagai salah satu kontennya. Walaupun jenis konten prank ini banyak peminatnya, ada baiknya jangan biarkan si Kecil menonton channel seperti ini Рapalagi jika prank yang dilakukan membuat orang lain terluka, secara fisik maupun mental. Hal ini guna menghindari si Kecil meniru apa yang ditontonnya dalam video tersebut. 

Saat menonton channel youtube baiknya si Kecil tetap didampingi oleh Ayah atau Bunda. Karena apapun jenis tontonan nya pasti ada banyak pertanyaan dari si Kecil, dan tugas kita sebagai orangtua untuk memberi penjelasan yang mudah dimengerti oleh si Kecil. Selain itu, mendampingi si Kecil dan anggota keluarga lainnya bisa jadi salah satu kegiatan seru bersama keluarga juga kan. 

11 Daftar Channel Youtube Yang Cocok Ditonton Bersama Keluarga 

daftar channel youtube yang boleh ditonton bersama keluarga atau anak

Nah, Bunda dan Ayah, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi channel YouTube yang cocok untuk ditonton bersama keluarga Рbisa jadi family time bareng juga Bun. 

1. Super Jojo Indonesia

Channel kartun yang satu ini memang menggemaskan, selain karakternya yang lucu, si Kecil juga bisa ikut bermain dan belajar saat menonton channel ini. Walaupun tidak ada update baru dari channel ini, video yang sudah ada tetaplah menarik dan cocok untuk ditonton bersama keluarga. 

2. Cilukpa

Cilukpa adalah channel khusus untuk anak-anak agar dapat belajar sambil bernyanyi. Cilukpa berisi video-video yang dibuat sederhana agar mudah dicerna oleh anak-anak. Belajar jadi lebih menyenangkan karena dilengkapi animasi yang menarik dan pastinya lebih seru juga karena bisa sambil bernyanyi.

3. Nussa dan Rara

channel youtube menghibur dan edukatif untuk keluarga

Channel Youtube dengan nama @nussaofficial ini adalah animasi kartun islami yang cocok ditonton bersama si Kecil. Cerita keseharian Nussa dan Rara bisa dijadikan contoh kebiasaan baik yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ceritanya pun dibuat ringan agar mudah dipahami oleh-anak-anak.

4. Uwa and Friend

Uwa and Friend berisi video animasi lagu anak-anak dengan Uwa si orang utan dan teman-temannya sebagai tokoh kartun didalamnya. Bagi yang rindu lagu masa anak-anak bisa berkunjung ke channel Uwa and Friend untuk mendengarkan lagu anak-anak lengkap lirik lagunya.

Baca juga: Rekomendasi Olahraga dan Tempat Olahraga Seru bersama Keluarga

5. BabyBus Indonesia

Si Kecil pasti suka kalau diajak menonton Channel BabyBus Indonesia. Dengan karakter-karakter hewan lucu dan menggemaskan didalamnya membuat si Kecil anteng saat menonton BabyBus. Tidak hanya karakter yang lucu tapi juga BabyBus mempunyai cerita yang beragam, si Kecil bisa belajar mengenal macam-macam profesi dan jenis kendaraan yang ada dalam video.

6. Kimbab Family

daftar youtube channel seru untuk ditonton bersama anak dan keluarga

Channel Youtube yang dikelola oleh Mama Gina dan Appa Jay ini adalah channel youtube indo-korea tentang keseharian keluarga multikultural yang saat ini tinggal di korea. Keseharian Mama Gina Appa Jay dan juga ketiga anak mereka yaitu Suji, Yunji dan juga Jio bisa menjadi alternatif tontonan keluarga. si Kecil bisa belajar mengenal tempat, bahasa serta budaya yang berbeda saat menonton channel youtube ini.

Baca juga: Cara Mendorong Anak Produksi Konten YouTube Bermanfaat Sejak Dini

7. Moonella and Family

Video-video lucu Moonella dan Marson bisa jadi tontonan menarik bersama keluarga. Keseruan keluarga ini dan anak-anaknya belajar hal-hal baru dapat menjadi wadah edukasi si Keci. Selain itu, video-video mereka saat jalan-jalan juga bisa jadi referensi tempat liburan seru untuk keluarga. 

8. Kok Bisa?

Channel YouTube Kok Bisa? bisa menjadi rekomendasi tontonan apabila si Kecil sudah memasuki fase banyak bertanya tentang apapun. Konten yang dimuat pada channel ini berbentuk animasi disertai penjelasan yang mudah dipahami. Mulai dari seputar alam semesta, sejarah, geografi, sampai budaya. Konten edukasi sangat bermanfaat bagi anak-anak sebab dapat menambah pengetahuan.

rekomendasi channel youtube edukasi untuk keluarga dan anak

9. National Geographic Kids

National Geographic Kids berisi konten edukasi ilmu pengetahuan mengenai alam semesta, flora, dan fauna. Video yang ada berisi penjelasan-penjelasan yang mudah dipahami serta gambar yang penuh warna sehingga menjadikan anak-anak ingin belajar.

Konten ini pun sebenarnya dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Jadi, para orang tua dapat mendampingi anak-anak dan menjelaskan hal-hal yang kurang dimengerti sang anak.

10. Kinderflix

Kinderflix merupakan channel YouTube terbaru yang banyak ditonton oleh masyarakat. Channel ini dibuat oleh kreator asal Indonesia yang disajikan secara menyenangkan karena penuh komunikasi.

Kinderflix dipandu beberapa pengisi yang mengajak anak-anak untuk berkomunikasi sehingga dapat meningkatkan tumbuh kembang anak. Beberapa di antaranya adalah belajar bicara untuk balita, kompilasi lagu anak-anak interaktif, hingga belajar sambil bermain dengan mengenalkan kosa kata baru.

 11. 5 Minute Crafts

5 Minute Crafts berisi konten berupa tips dan trik serta kreasi yang dapat dicoba untuk Bunda dan anak. Akun YouTube ini sering masuk dalam deretan trending YouTube karena sering membuat eksperimen sederhana dengan membuat karya-karya menarik. Selain melatih kreativitas ibu dan anak, akun ini juga menggunakan berbagai bahasa selain bahasa Indonesia. Seperti bahasa Inggris, Arab, jerman, Perancis, dan Spanyol.

Itu dia beberapa rekomendasi Channel Youtube yang  bisa Bunda tonton bersama keluarga ya. Jangan lupa saat akan menonton tontonan kesayangan Bunda bisa siapkan camilan kesukaan, Milkita Bites yang chewy dan crunchy Рkesayangan semua anggota keluarga ataupun permen kesayangan si Kecil, Jagoan Neon. Bunda dapat membeli keduanya di Official Store Unifam di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel