Artikel

Quality Time dengan Anak walaupun Sibuk – Bangun Kedekatan Orang Tua dan Anak

Post pada 24 Mei 2024

Bagi orangtua yang bekerja, terutama Ayah, menghabiskan waktu bersama si kecil adalah hal yang mungkin tidak bisa dilakukan dengan leluasa setiap harinya. Padahal, quality time dengan anak sangatlah penting untuk membangun kedekatan, komunikasi, dan rasa percaya diri anak. 

Maka dari itu sesibuk apapun pekerjaan orangtua alangkah baiknya kita meluangkan waktu untuk tetap menjaga quality time bersama anak. Karena itu, berikut ini kami jelaskan manfaat dan juga tips menghabiskan quality time dengan anak yang dapat Bunda dan Ayah lakukan. 

Manfaat Quality Time bersama Anak

quality time bersama anak

Kenapa sih orangtua harus meluangkan waktu untuk quality time bersama anak? 

Ini adalah beberapa manfaat quality time dengan anak antara lain: 

  1. Orangtua lebih mudah membangun perilaku positif pada anak karena kedekatan relasi antara keduanya  
  2. Anak mampu membangun empati dalam hubungan pertemanan. 
  3. Mengurangi potensi anak terjerumus dalam obat terlarang dan perilaku bermasalah lainnya.
  4. Mengurangi tekanan dari kelompok bermain anak untuk melakukan perilaku bermasalah.
  5. Anak lebih percaya diri dan merasai dicintai. 
  6. Mengurangi stres pada anak.
  7. Memperkuat hubungan keluarga.

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan orangtua dan anak saat menghabiskan waktu bersama. Akan tetapi terkadang ada beberapa di antara Ayah dan Bunda yang merasa kesulitan untuk mengatur waktu bersama si kecil.

Tips untuk Menghabiskan Quality Time dengan Anak di Tengah Kesibukan

Bagi bunda dan ayah yang merasa kesulitan mengatur waktu bersama si kecil bisa mencoba beberapa tips ini ya, agar bisa memanfaatkan waktu yang sempit bersama si kecil.

1. Rencanakan Waktu Bersama

Sisihkan waktu khusus dengan anak, meskipun hanya sebentar. Ayah dan Bunda dapat membuat jadwal mingguan atau bulanan untuk aktivitas bersama, seperti bermain, membaca buku, menonton film, atau makan bersama. 

Misalnya, Ayah dapat jadwalkan setiap hari Minggu sebagai waktu keluarga dan menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Nah, untuk ini, Ayah dan Bunda dapat gabungkan dengan hari tanpa gadget yang pernah dibahas dalam cara membatasi penggunaan gadget pada anak juga loh. 

2. Manfaatkan Waktu yang Ada

Bunda dan Ayah dapat memanfaatkan waktu yang ada di sela-sela kesibukan, seperti saat mengantar jemput anak sekolah, makan malam bersama, atau sebelum tidur. Gunakan waktu tersebut untuk berbincang-bincang dengan anak, mendengarkan ceritanya, atau bermain bersama. 

family time - cara quality time bersama anak

3. Libatkan Anak dalam Rutinitas Pagi atau Malam Hari

Rutinitas seperti sarapan bersama atau membaca buku sebelum tidur bisa menjadi momen penting untuk terhubung dengan anak-anak. Gunakan waktu ini untuk bertanya tentang hari mereka dan membangun kedekatan.

Baca juga: 10 Cara Mmebangun Komunikasi Antar Anggota Keluarga

4. Lakukan Aktivitas yang Disukai Anak

Tanyakan kepada anak apa yang mereka sukai dan ajak mereka melakukannya bersama. Hal ini akan membuat anak merasa senang dan dihargai.

5. Hindari Gadget saat Bersama Anak

Saat sedang quality time dengan anak, sebisa mungkin hindari menggunakan gadget dan fokuslah pada anak. Hal ini menunjukkan kepada anak bahwa Anda benar-benar memperhatikan mereka.

nikmati waktu berkualitas bersama keluarga

6. Lakukan Hal-hal Sederhana

Quality time tidak harus selalu mahal atau rumit. Hal-hal sederhana seperti bermain bersama, membaca buku, berolahraga bersama, melakukan permainan seru bersama anak, atau mengobrol pun bisa menjadi momen yang berharga bagi anak.

Berikut beberapa ide aktivitas untuk quality time dengan anak:

  • Bermain bersama, seperti bermain game, mewarnai, atau bermain peran.
  • Membaca buku bersama.
  • Menonton film bersama.
  • Makan bersama.
  • Berkebun atau berkemah.
  • Mengunjungi tempat wisata.
  • Mengikuti kelas atau workshop bersama.
  • Melakukan kegiatan sosial bersama.

7. Berlibur Bersama

Liburan keluarga menjadi cara yang luar biasa untuk menciptakan kenangan seumur hidup. Bunda bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang dicintai dan bersenang-senang tanpa stres. Selama tahap perencanaan, dorong si kecil untuk membuat saran yang menarik bagi semua orang. 

Selain itu, pastikan Bunda dan Ayah meninggalkan pekerjaan. Selesaikan semua hal mendesak sebelumnya dan beritahu semua orang bahwa Bunda dan Ayah akan berada di luar kota untuk menghindari panggilan telepon dan e-mail yang mengganggu. 

Memanfaatkan liburan ke tempat wisata keluarga ataupun hanya di sekitar rumah pun dapat menjadi waktu berkualitas jika Ayah dan Bunda benar-benar fokus pada kebersamaan hari itu bersama si Kecil. 

Merencanakan Waktu Bersama Keluarga itu Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Meskipun tantangan untuk menyatu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi bisa sulit, ada cara untuk mengoptimalkan waktu berkualitas dengan anak. Penting untuk menyadari bahwa kualitas waktu bersama lebih berharga daripada kuantitas.

Dengan merencanakan, menggunakan teknologi secara bijak, dan mengutamakan hubungan, orangtua yang sibuk bekerja dapat menciptakan ikatan yang kuat dengan anak-anak mereka. Selain itu, menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak penting dalam proses tumbuh kembang anak. 

Waktu berkualitas bersama Ayah dan Bunda dapat menciptakan ikatan emosional yang pada akhirnya akan membentuk kesehatan mental anak. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah kualitas, bukan kuantitas waktu yang kita habiskan bersama anak. Luangkan waktu bersama anak dengan sepenuh hati dan nikmati momen tersebut.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel