Artikel

Yoga untuk Bunda Sibuk: 5 Pose Praktis Atasi Stres dalam 10 Menit

Post pada 21 Jun 2024

Bunda, di tengah kesibukan sehari-hari, pernahkah Bunda merasa stres dan kewalahan? Rasanya seperti ada beban berat yang menumpuk di pikiran dan tubuh, membuat Bunda sulit untuk fokus dan menikmati hidup?

Tenang Bunda, Bunda tidak sendirian. Stres memang menjadi bagian dari kehidupan modern. Tapi, tahukah Bunda bahwa ada cara alami untuk mengatasi stres dan mengembalikan ketenangan? Jawabannya adalah yoga.

Yoga bukan hanya tentang gerakan fisik yang melenturkan tubuh, tetapi juga tentang menenangkan pikiran dan jiwa. Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga terbukti efektif untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Bagaimana Yoga Membantu Mengatasi Stres?

cara yoga dapat mengurangi stres pada ibu muda

Yoga adalah praktik kuno yang menggabungkan latihan fisik, pernapasan, dan meditasi untuk mencapai keseimbangan tubuh dan pikiran. Ketika Bunda menghadapi stres, tubuh seringkali merespons dengan ketegangan otot, napas pendek, dan pikiran yang kacau. Yoga membantu mengatasi stres dengan cara:

1. Meningkatkan pelepasan hormon endorfin 

Endorfin adalah hormon bahagia yang diproduksi tubuh secara alami. Hormon ini memiliki efek relaksasi, meningkatkan mood, dan bahkan bertindak sebagai pereda nyeri alami. Saat berlatih yoga, tubuh Bunda akan terdorong untuk melepaskan endorfin lebih banyak, sehingga Bunda akan merasa lebih tenang, bahagia, dan bebas stres.

Lebih dari itu, yoga juga membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam darah. Kortisol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kecemasan, depresi, dan insomnia. Dengan berlatih yoga secara rutin, Bunda dapat menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh dan terhindar dari efek negatif stres.

Baca juga: Cara Mengenalkan dan Manfaat Yoga untuk Anak

2. Menurunkan hormon stres kortisol 

Yoga membantu mengatasi stres dengan menurunkan hormon stres kortisol. Ketika Bunda berlatih yoga, teknik pernapasan dan gerakan yang dilakukan membantu menenangkan sistem saraf, yang pada gilirannya mengurangi produksi kortisol. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, seringkali meningkat saat Bunda merasa cemas atau tegang.

Dengan berlatih yoga secara rutin, kadar kortisol dalam tubuh dapat dikendalikan, sehingga Bunda merasa lebih tenang dan stres berkurang. Selain itu, penurunan kortisol juga berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga keseimbangan hormonal.

Baca juga: Tanda Ibu Butuh Konsultansi ke Psikolog

3. Meningkatkan kesadaran tubuh dan pikiran

Yoga, dengan kombinasi gerakan fisik dan teknik pernapasan, membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Aliran darah yang lancar membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan optimal. Hal ini membuat Bunda merasa lebih segar, berenergi, dan fokus.

Lebih dari itu, yoga juga membantu melepaskan ketegangan otot, yang seringkali menjadi penyebab stres fisik. Saat otot Bunda rileks, aliran darah pun menjadi lebih lancar.

pose yoga yang dapat mengurangi stres pada ibu muda

4. Meningkatkan kesadaran tubuh dan pikiran

Yoga dapat meningkatkan kesadaran tubuh dan pikiran dengan mengajarkan Bunda untuk lebih fokus pada pernapasan dan setiap gerakan yang dilakukan. Saat berlatih yoga, Bunda diajak untuk memperhatikan sensasi tubuh, postur, dan aliran napas, yang membantu mengembangkan mindfulness atau kesadaran penuh.

Latihan ini tidak hanya memperkuat koneksi antara tubuh dan pikiran, tetapi juga membantu Bunda menjadi lebih sadar akan keadaan emosional dan fisik saat ini. Kesadaran yang meningkat ini memungkinkan Bunda untuk lebih mudah mengenali tanda-tanda stres dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Selain itu, kesadaran yang diperoleh dari yoga juga dapat membantu Bunda membuat keputusan yang lebih bijaksana dan hidup lebih selaras dengan kebutuhan tubuh dan pikiran.

3 Teknik Yoga untuk Relaksasi:

Ada beberapa teknik yoga yang dapat Bunda coba untuk relaksasi:

  1. Pranayama (pengendalian nafas): Teknik ini berfokus pada pernapasan dalam dan terkontrol. Pranayama membantu menenangkan pikiran dan tubuh, serta meningkatkan konsentrasi. Teknik pernapasan ini membantu mengatur napas dan menenangkan sistem saraf. Salah satu teknik pranayama yang terkenal adalah ‘Nadi Shodhana’ atau pernapasan hidung bergantian, yang efektif untuk meredakan stres.
  2. Yoga nidra (tidur yoga): Teknik ini adalah meditasi yang dilakukan dengan berbaring dalam posisi nyaman. Yoga nidra membantu Bunda untuk mencapai kondisi relaksasi yang mendalam dan melepaskan stres. Teknik meditasi yang dikenal sebagai “tidur yoga” ini membawa Bunda ke dalam keadaan relaksasi mendalam, hampir seperti tidur. Yoga Nidra membantu melepaskan ketegangan fisik dan mental, serta meningkatkan kualitas tidur.
  3. Relaksasi otot progresif: Teknik ini melibatkan peregangan dan relaksasi otot secara bergantian, membantu melepaskan ketegangan fisik. Relaksasi otot progresif membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kualitas tidur. Bunda bisa memulai dari ujung kaki dan naik perlahan hingga ke kepala, merasakan setiap otot yang tegang menjadi rileks.

pose yoga untuk mengurangi stress

Manfaat Berlatih Yoga untuk Relaksasi:

Berlatih yoga secara rutin memberikan banyak manfaat, terutama dalam mengatasi stres. Beberapa manfaat utama termasuk:

  • Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi

Yoga telah terbukti sebagai metode yang efektif dalam mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Melalui praktik yoga yang melibatkan gerakan tubuh yang lembut dan teknik pernapasan yang dalam, individu dapat merasa lebih tenang dan rileks. Latihan yoga secara konsisten dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan suasana hati.

Selain itu, fokus pada keseimbangan dan kesadaran selama praktik yoga juga dapat membantu mengurangi gejala depresi dengan meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional. Dengan demikian, yoga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental Bunda seabgai ibu. Yoga dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengelola stres, kecemasan, dan depresi.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Praktik yoga secara teratur juga dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kualitas tidur seseorang. Gerakan yoga yang melibatkan stretching dan relaksasi dapat membantu mengurangi ketegangan fisik dan pikiran yang sering menjadi hambatan untuk tidur yang nyenyak. Selain itu, teknik pernapasan dalam yoga dapat membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi kecemasan, dan mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih baik.

Baca juga: Rekomendasi Buku Pengembangan Diri untuk Me Time-nya Ibu Muda

Dengan fokus pada kesadaran dan kehadiran dalam praktik yoga, seseorang dapat menciptakan kondisi yang lebih baik untuk tidur yang mendalam dan pulih, sehingga meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Dengan demikian, yoga bukan hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas tidur dan mempromosikan kesejahteraan secara menyeluruh.

  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Gerakan yoga dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang melalui gabungan gerakan tubuh yang disertai dengan teknik pernapasan yang teratur. Dengan memusatkan perhatian pada setiap gerakan dan pernapasan, seseorang belajar untuk hadir dalam momen tersebut, menghilangkan gangguan pikiran dan meningkatkan ketajaman mental.

Latihan yoga juga melibatkan meditasi yang membantu melatih pikiran untuk tetap fokus dan tenang. Dengan memperkuat koneksi antara tubuh dan pikiran melalui praktik yoga, seseorang dapat merasakan peningkatan kemampuan untuk memusatkan perhatian pada tugas-tugas yang memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Dengan demikian, yoga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi untuk mencapai kinerja mental yang optimal.

Baca juga: Cara Mengenali dan Mengatasi Toxic Relationship dalam Pernikahan

  • Meningkatkan energi dan stamina

Dengan melakukan yoga secara teratur dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan energi dan stamina seseorang. Melalui gerakan tubuh yang lembut namun efektif, yoga membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, memberikan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan tingkat energi.

Selain itu, teknik pernapasan dalam yoga juga membantu mengoptimalkan fungsi sistem pernapasan dan kardiovaskular, yang berkontribusi pada peningkatan stamina dan daya tahan tubuh. Praktik yoga yang teratur juga dapat membantu mengurangi kelelahan fisik dan mental, sehingga meningkatkan energi secara keseluruhan. Dengan memperkuat tubuh dan pikiran melalui yoga, seseorang dapat merasa lebih bertenaga, segar, dan siap menghadapi tugas-tugas sehari-hari dengan stamina yang lebih baik.

manfaat yoga untuk wanita atau ibu muda
Salah satu manfaat yoga untuk ibu muda adalah membantu membuat tidur lebih lelap

Dengan demikian, yoga tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga membantu meningkatkan energi dan stamina untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

  • Meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh

Dengan gerakan yang melibatkan stretching dan peregangan otot secara mendalam, yoga membantu meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot, sehingga memperbaiki postur tubuh dan mengurangi risiko cedera bila dilakukan secara teratur. Selain itu, melalui berbagai pose yang membutuhkan kekuatan tubuh, seperti pose berdiri dan pose balasana, yoga juga membantu memperkuat otot-otot tubuh secara keseluruhan.

Kombinasi antara fleksibilitas dan kekuatan yang diperoleh dari praktik yoga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga memberikan keseimbangan yang baik antara kekuatan dan fleksibilitas. Dengan demikian, yoga tidak hanya membentuk tubuh yang lebih lentur dan kuat, tetapi juga meningkatkan kualitas gerakan tubuh secara keseluruhan.

  • Menurunkan tekanan darah

Melalui kombinasi gerakan fisik yang lembut dan teknik pernapasan yang dalam, yoga dapat membantu menyeimbangkan sistem saraf otonom yang berkontribusi pada regulasi tekanan darah. Gerakan yoga yang melibatkan peregangan dan relaksasi otot juga dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Mengenali dan Mengatasi Masalah Kesehatan Mental Ibu Muda

Selain itu, praktik yoga juga dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Dengan melakukan yoga secara teratur, seseorang dapat mencapai manfaat yang positif dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Dengan demikian, yoga bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan dalam menjaga tekanan darah dalam rentang yang sehat.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Gerakan yoga  yang melibatkan peregangan, pernapasan dalam, dan meditasi, yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan respons imun tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa praktik yoga dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh yang bertanggung jawab melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan sirkulasi limfatik, yang membantu dalam proses detoksifikasi tubuh dan menghilangkan racun.

Dengan memperkuat tubuh dan pikiran melalui praktik yoga, seseorang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhnya dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Dengan demikian, yoga tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, tetapi juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

pose yoga untuk mengurangi stres yang cocok untuk wanita atau ibu muda

5 Pose Yoga untuk Mengurangi Stres dan Relaksasi – Cocok untuk Ibu Muda seperti Bunda

Berikut adalah 5 pose yoga yang mudah dilakukan dan efektif untuk relaksasi dan menghilangkan stres:

  1. Pose anak (balasana)

Pose ini sangat baik untuk relaksasi karena membantu meregangkan punggung dan bahu, serta menenangkan pikiran. Caranya, duduklah dengan lutut ditekuk, lalu bungkukkan tubuh ke depan dengan tangan lurus di depan.

2. Membungkuk ke depan (uttanasana)

Berdiri dengan kaki rapat, lalu bungkukkan tubuh ke depan hingga tangan menyentuh lantai atau kaki. Pose ini membantu meregangkan punggung dan hamstring, serta menenangkan sistem saraf.

3. Kaki ke atas tembok (viparita karani)

Berbaring dengan punggung di lantai dan kaki diangkat lurus ke atas menempel di dinding. Pose ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merelaksasi tubuh.

4. Pose mayat (savasana)

Berbaring telentang dengan tangan dan kaki sedikit terbuka, fokus pada pernapasan dan biarkan tubuh benar-benar rileks. Pose ini membantu merilekskan seluruh tubuh dan pikiran.

5. Pose kupu-kupu (baddha konasana)

Duduk dengan kaki ditekuk dan telapak kaki saling bertemu, biarkan lutut jatuh ke samping. Pose ini membantu meregangkan pinggul dan paha bagian dalam, serta menenangkan pikiran.

Yoga Sebagai Alternatif Olahraga dan Membantu Relaksasi

Bunda, dengan rutin berlatih yoga, Bunda bisa merasakan perubahan positif dalam tubuh dan pikiran. Coba luangkan waktu sejenak setiap hari untuk berlatih pose-pose sederhana ini. Sempatkanlah 10-15 menit setiap hari untuk berlatih yoga. Bunda akan merasakan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental Bunda.

Yoga dapat menjadi alternatif olahraga Bunda yang dapat mengurangi stres dan juga membantu relaksasi. Bunda juga dapat jadikan Yoga ini sebagai olahraga keluarga dan jadikan kegiatan seru di rumah selama liburan sekolah bersama si Kecil juga loh!

Selamat mencoba! Semoga informasi ini bermanfaat untuk Bunda. Selamat berlatih yoga dan rasakan manfaatnya!

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel