Artikel

13 Tips Memilih Sekolah Anak Untuk Masa Depan Yang Gemilang

Post pada 10 Jul 2024

Memilih sekolah untuk anak merupakan keputusan penting yang dapat berdampak besar pada masa depan si Kecil. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mempertimbangkan berbagai faktor dengan cermat sebelum memilih sekolah yang tepat. 

Setiap orangtua pasti ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, akan tetapi setiap anak mempunyai karakter dan bakat yang berbeda, tugas kitalah sebagai orangtua untuk mempersiapkan masa depan anak dengan cara memberikan tempat belajar terbaik untuk anak.

Baca juga: Cara Mengenalkan Emosi pada Anak Melalui Film Inside Out 2

Berikut beberapa tips memilih sekolah anak yang perlu Bunda perhatikan dan praktekkan agar pendidikan anak tidak menjadi masalah di kemudian hari – apalagi jika si Kecil sudah menunjukkan tanda siap sekolah

13 Tips Memilih Sekolah Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui Agar Masa Depan si Kecil Terjaga

tips memilih sekolah anak

1. Memahami Kebutuhan dan Minat Anak

Langkah awal yang krusial adalah memahami kebutuhan dan minat anak. Setiap anak memiliki bakat dan gaya belajar yang unik. Orang tua perlu mengenali hal ini agar dapat memilih sekolah yang sesuai dengan karakteristik anak.

Beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh orangtua antara lain:
Gaya Belajar: Apakah anak Anda lebih menyukai belajar secara visual, auditori, atau kinestetik?
Minat: Apa yang disukai anak Anda? Apakah mereka menyukai seni, sains, olahraga, atau bidang lainnya?
Kebutuhan: Apakah anak Anda memiliki kebutuhan belajar khusus atau bakat luar biasa yang perlu diakomodasi?

Baca juga: 9 Kecerdasan Anak yang Perlu Diketahui dan Cara Mengembangkannya

2. Menentukan Tujuan Pendidikan

Tentukan tujuan dari pendidikan anak anda, apakah ada profesi tertentu yang dituju, atau Bunda ingin membentuk karakternya, hal-hal ini harus selaras dengan tempat pendidikan yang nantinya digunakan anak untuk belajar.

3. Melibatkan Anak dalam Proses Pengambilan Keputusan

Bicarakan dengan anak tentang pilihan sekolah yang akan dimasuki oleh mereka dan dengarkan pendapat anak-anak juga. Ajak anak mengunjungi beberapa sekolah dan biarkan mereka merasakan atmosfer sekolah tersebut. Pertimbangkan perasaan dan kenyamanan anak dalam memilih sekolah.

hal yang perlu diketahui saat memilih sekolah anak

4. Kurikulum dan Metode Pembelajaran

Pelajari kurikulum sekolah secara detail dan pastikan sesuai dengan tujuan pendidikan Anda. Cari tahu metode pembelajaran yang digunakan dan apakah metode tersebut sesuai dengan gaya belajar anak.

Pertimbangkan apakah sekolah menawarkan program khusus untuk anak berbakat atau anak dengan kebutuhan belajar khusus.

5. Kualitas Guru dan Staf

Guru yang berkualitas sangat penting untuk proses belajar mengajar yang efektif, cari tahu kualifikasi dan pengalaman guru di sekolah. Perhatikan bagaimana guru berinteraksi dengan siswa dan apakah mereka menciptakan lingkungan belajar yang positif dan suportif.

6. Fasilitas dan Infrastruktur

Pastikan sekolah memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar, seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, laboratorium, dan area olahraga. Perhatikan juga kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah.

tips memilih sekolah anak

 

7. Budaya dan Nilai Sekolah

Cari tahu budaya dan nilai yang dijunjung tinggi oleh sekolah. Pastikan budaya dan nilai sekolah selaras dengan nilai-nilai yang bunda ingin tanamkan pada si Kecil. Sehingga orangtua tidak merasa menyesal memilihkan sekolah tersebut untuk si Kecil. 

8. Biaya dan Beasiswa

Pertimbangkan biaya sekolah apakah sesuai dengan anggaran yang kita miliki, Bunda juga  bisa mencari info apakah sekolah menawarkan beasiswa atau program bantuan keuangan lainnya. Saat ini sudah banyak tersedia jalur beasiswa yang bisa dicoba untuk meringankan biaya sekolah si Kecil.

Baca juga: Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini

9. Pertimbangkan Lokasi Sekolah

Tak dipungkiri, lokasi memang jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika Bunda sedang mencari sekolah untuk anak. Selain memilih yang terjangkau, memperhatikan lokasi juga membantu Bunda menentukan apakah anak pergi sekolah jalan kaki, diantar orang tua, atau naik mobil jemputan sekolah.

Dan saat ini beberapa sekolah tertentu, terutama sekolah negeri, menerapkan sistem zonasi sesuai dengan peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

10. Ekstrakurikuler di sekolah

Di samping mempertimbangkan beberapa poin di atas, perhatikan juga apa saja ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Pastikan apakah ada ekstrakurikuler yang dapat mengasah bakat dan kemampuan anak di bidang lain. Misalnya sepak bola, melukis, bermain musik, drama, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal Tahapan Tumbuh Kembang Anak 0 – 3 Tahun

11. Reputasi dan akreditasi sekolah

Dalam memilih sekolah dasar yang tepat untuk anak, ketahui juga apa akreditasi sekolah serta bagaimana sekolah yang Bunda tuju dipandang di masyarakat dan oleh sekolah lainnya. Hal ini penting untuk diketahui karena akreditasi dan reputasi merupakan salah satu bukti bahwa sekolah yang kita tuju berkualitas.

Bila perlu tanyakan kepada para alumni tentang bagaimana bersekolah di sekolah tersebut dan bagaimana ia dipandang saat pindah ke sekolah di jenjang selanjutnya.

tips memilih sekolah anak

12. Survey Langsung Ke Sekolah

Untuk mencari tahu berbagai informasi di atas, salah satu cara yang bisa Bunda lakukan, yaitu survei langsung ke sekolah yang dituju. Hubungi pihak sekolah dan buatlah janji temu. Jika perlu, datanglah pada saat jam masuk sekolah agar Bunda bisa melihat langsung bagaimana proses belajar berlangsung sehari-harinya.

Baca juga: Tips Cerdas Menjaga Rutinitas Anak saat Liburan Sekolah

Bukan cuma dengan guru, Bunda juga bisa membuat janji temu dengan kepala sekolah untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas mengenai calon sekolah Bunda. Dari berbagai pertimbangan di atas, pastikan bunda sudah memilih sekolah yang tepat untuk anak guna mendukung masa depannya kelak.

13. Jangan Memaksakan Kehendak Orang Tua

Hal yang tidak boleh kita lupakan adalah pendidikan ini bukan mutlak kehendak orangtua, si Kecil lah yang akan menjalani dan berjuang untuk pendidikannya. Orangtua bisa membimbing dan mengarahkan tetapi tidak boleh memaksa.

tips memilih sekolah anak

Pentingnya Pemilihan Sekolah untuk Masa Depan si Kecil

Itu dia beberapa tips memilih sekolah anak yang orang tua perlu ketahui dan perhatikan. Pemilihan sekolah ini menjadi penting agar masa depan si Kecil bisa lebih terarah dan menjadi manusia yang berkarakter. 

Maka sebagai orangtua kita juga harus menyadari pentingnya mengenali karakter anak sejak dini, untuk menentukan langkah-langkah yang harus kita ambil untuk mendukung pendidikan si kecil. Semoga dengan tips memilih sekolah untuk anak ini, Bunda dan Ayah dapat memutuskan sekolah terbaik untuk si Kecil ya.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel