Artikel

Cara Jitu Menumbuhkan Minat Baca Si Kecil Saat Liburan Sekolah

Post pada 27 Jun 2024

Membaca adalah salah satu hal penting yang perlu kita ajarkan kepada si  kecil di  masa pertumbuhannya. Menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini merupakan hal yang sangat penting, maka dari itu membiasakan anak untuk membaca harus kita mulai sedini mungkin agar menjadi kebiasaan baik hingga dewasa. 

Waktu liburan sekolah merupakan waktu di mana anak-anak bisa keluar dari rutinitas belajar mengajar di sekolah, ini merupakan yang tepat untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Si kecil bisa kita ajak untuk semakin menyukai kegiatan membaca. Dengan melakukan hal ini, si Kecil akan mendapatkan banyak manfaat loh Bunda. 

Baca juga: Cara Menjaga Rutinitas Anak saat Libur Sekolah

5 Manfaat Membaca untuk Anak

Membaca memiliki banyak sekali manfaat bagi anak, di antaranya:

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Membaca dapat membantu anak untuk meningkatkan kosakata, pemahaman, dan kemampuan mengekspresikan diri mereka.

2. Memperluas Pengetahuan

Membaca dapat membantu anak untuk belajar tentang berbagai hal baru, seperti sejarah, sains, dan budaya.

cara menumbuhkan minat baca buku pada anak saat liburan sekolah

3. Meningkatkan Daya Pikir Kritis

Membaca dapat membantu anak untuk belajar berpikir kritis dan menganalisis informasi.

Baca juga: 9 Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya

4. Meningkatkan Kreativitas

Membaca dapat membantu anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka. Semakin beragam bacaan yang dibaca oleh si kecil semakin beragam pula imajinasi dan kreativitasnya.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Membaca dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi mereka. 

Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Agar si Kecil dapat merasakan manfaat baca di atas, Bunda dan Ayah baiknya mulai menumbuhkan minat baca si Kecil saat liburan sekolah ini. Berikut beberapa tips yang dapat Bunda lakukan untuk menarik minat baca si kecil di rumah : 

1. Ciptakan Suasana yang Kondusif untuk Membaca

Sediakan ruang yang tenang dan nyaman untuk anak membaca, pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup, serta Jauhkan anak dari gangguan seperti televisi, gadget, dan mainan. Rumah merupakan tempat pertama yang bisa kita jadikan tempat nyaman untuk membaca.

Baca juga: Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

2. Pilihlah Buku yang Menarik bagi Anak

Pertimbangkan usia, minat, dan tingkat kemampuan membaca anak saat memilih buku. Biarkan anak memilih sendiri buku yang mereka sukai. Bawalah anak ke toko buku atau perpustakaan untuk melihat berbagai pilihan buku. Ini bisa menjadi salah satu rutinitas yang menyenangkan bagi anak.

cara menumbuhkan minat baca anak sejak dini

3. Bacalah Buku Bersama Anak

Luangkan waktu untuk membaca buku bersama anak setiap hari, pilihlah buku yang menarik untuk Bunda dan si kecil baca. Bacalah dengan suara yang jelas dan ekspresif, diskusikan isi buku dengan anak setelah selesai membaca.

Baca juga: Bonding Time – Ide Kegiatan Bonding Keluarga tanpa Biaya Mahal – Cocok untuk Liburan Sekolah

4. Jadilah Role Model yang Baik

Tunjukkan kepada anak bahwa Bunda juga senang membaca, bacalah buku di depan anak. Bicarakan tentang buku yang Bunda baca dengan anak. Beritahu juga manfaat membaca untuk si kecil, agar sikecil semakin bersemangat untuk membaca.

5. Luangkan Waktu Membaca Buku Sebelum Tidur

Bunda dapat menumbuhkan minat baca si Kecil dengan menjadikan baca buku sebagai salah satu kegiatan wajib sebelum tidur. Membacakan dongeng atau cerita-cerita menarik dapat membantu si Kecil tertarik membaca dan membantunya tidur pulas loh. 

cara menumbuhkan minat baca buku pada anak sejak dini

6. Buatlah Kegiatan Membaca yang Menyenangkan

Adakan klub buku untuk anak dan teman-temannya, apabila ada, ikuti lomba membaca. Berikan hadiah kepada anak yang telah menyelesaikan membaca buku. Lama-lama anak akan terbiasa dengan kegiatan membaca.

7. Berikan Buku sebagai Hadiah

Memberikan buku sebagai hadiah atau reward bisa menjadi kebiasaan baik bagi anak, memberikan buku sebagai hadiah bisa membantu menumbuhkan minat baca pada anak.

Baca juga: Ide Hadiah untuk Pasangan – Gak Hanya untuk Valentine Kok

8.  Jangan Paksa Anak untuk Membaca

Membaca harus menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Jangan paksa anak untuk membaca buku yang tidak mereka sukai. Biarkan anak membaca dengan kecepatan mereka sendiri.

9. Jadikan Membaca Buku sebagai Family Time

Bunda dan Ayah juga dapat menumbuhkan minat baca anak dengan menjadikan kegiatan membaca buku sebagai kegiatan wajib saat family time atau bonding bersama keluarga. Hal ini bagus untuk membangun kebiasaan si Kecil untuk membaca sekaligus membantu kedekatan keluarga apalagi jika diikuti dengan pembahasan buku yang dibaca. 

Nah, Bunda, dengan menerapkan tips-tips di atas, Bunda dapat membantu menumbuhkan minat baca anak dan menjadikan membaca sebagai kebiasaan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka. 

Namun, pastinya membutuhkan waktu untuk menumbuhkan minat baca pada anak, jangan berkecil hati jika anak tidak langsung tertarik untuk membaca. Teruslah berusaha dan berikan semangat kepada anak.

Agar si kecil tidak merasa cepat bosan saat membaca, Budna bisa memberikan berbagai pilihan bacaan yang menarik untuk si kecil.

Ide Bacaan untuk Anak

Berikut beberapa ide bacaan untuk anak:

mengajarkan anak membaca buku sejak dini

  • Membaca buku cerita

Pilihlah buku cerita yang sesuai dengan usia dan minat anak. Bunda dapat membaca dengan suara yang ekspresif dan mengajak anak untuk berimajinasi. Biasanya anak dengan usia 2 hingga 6 tahun suka sekali dibacakan buku cerita, Bunda bisa bergantian membaca buku cerita dengan si kecil.

  • Membaca buku non-fiksi

Bunda dapat membaca buku tentang berbagai topik yang menarik bagi anak, seperti sains, sejarah, atau geografi. Selain menumbuhkan minat baca, membaca buku non fiksi bisa memperluas pengetahuan si kecil.

Baca juga: Ide Kegiatan Liburan Sekolah yang Murah Meriah

  • Membaca berita

Ajak anak untuk membaca berita, lalu diskusikan isi berita dengan anak dan bantu mereka untuk memahami informasi yang disampaikan. Meskipun kadang anak merasa bosan dengan berita, tapi Bunda bisa memberitahukan manfaat kita mengetahui berita atau informasi agar anak merasa memerlukan mengetahui berita-berita terkini. Hal ini cocok untuk si Kecil yang mulai memasuki usia sekolah dan remaja agar tidak tertinggal informasi. 

  • Membaca puisi

Membaca puisi dapat membantu anak untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Ini juga melatih kemampuan si kecil untuk tampil di depan orang banyak. 

  • Membaca komik

Komik merupakan cara yang menyenangkan untuk mengenalkan anak dengan membaca, pilihlah komik yang sesuai dengan usia dan minat anak. 

Banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk menarik minat baca si kecil, jadi yuk sama-sama kita ajak si kecil untuk cintai membaca dan menjadi kebiasaan baik untuk si kecil.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel